Berita Ekonomi NZDUSD Membaik Setelah Harapan Pemulihan...

NZDUSD Membaik Setelah Harapan Pemulihan Ekonomi Global Menguasai Pasar

15-03-2021Penulis: Adi Kurniawan

Mata uang Dolar New Zealand menguat pada hari Senin (15/3) saat pasar sesi Asia sedang berlangsung. Penguatan ini sekaligus membawa NZDUSD kembali menuju puncak harian di sekitar nilai tukar 0,7200. Terdapat beragam faktor yang memengaruhi penguatan NZDUSD kali ini.

Faktor pertama dikarenakan posisi mata uang Dolar AS yang terus defensif. Indeks Dolar AS terus stabil seiring dengan pembaruan arah imbal hasil obligasi Treasury AS 10 tahun. Namun, beberapa waktu kemudian, imbal hasil terpantau stabil dan membuat Dolar AS berkonsolidasi. Hal inilah yang memicu pelaku pasar membeli NZDUSD dan membuat pair NZDUSD melompat.

Selain itu, faktor lain yang membuat Dolar New Zealand menguat adalah pembaruan data ekonomi China yang begitu mengesankan. Data mengenai penjualan eceran sebagai pengukur daya beli naik sampai 33,8% bersama produksi industri yang naik 35,1%. Banyak yang menilai data ini telah mampu menjadi penyeimbang ketika pengangguran China melonjak tinggi.

Program vaksinasi yang terus dipercepat juga berperan besar dalam penguatan pasar ekuitas dan NZDUSD. Dalam jangka pendek, pasar akan menanti pembaruan risiko dan data AS nanti malam. Terlebih, Saat ini sebagian besar para pelaku pasar memiliki sentimen positif terhadap pasar.

Hal tersebut dikarenakan mereka memiliki harapan agar ekonomi global akan segera bangkit dan pulih dari perlambatan. Keyakinan ini semakin memuncak ketika dana stimulus AS $1,9T telah disetujui dan siap diluncurkan.

Dilansir dari Inforexnews.com