fbpx

Edukasi 4 Sifat Day Trader yang...

4 Sifat Day Trader yang Perlu Anda Miliki

21-01-2022Penulis: Adi Kurniawan

Menjadi seorang day trader bukan hanya tentang mencari strategi, mempraktikkannya, dan kemudian menghasilkan banyak uang. Day trader dituntut untuk mengembangkan sifat-sifat tertentu, yang pada gilirannya memungkinkan mereka untuk menerapkan strategi secara efektif di semua kondisi pasar. Apa saja sifat day trader yang harus Anda miliki? Yuk simak!

Disiplin

Disiplin adalah sifat utama yang dibutuhkan setiap trader. Pasar memberi Anda peluang tak terbatas untuk trading. Anda dapat membuka puluhan hingga ratusan posisi berbeda setiap detik. Namun, sangat sedikit dari detik itu yang memberikan peluang trading yang hebat.

Setiap detik trading yang Anda jalankan mungkin mengalami fase-fase mengganggu, seperti mengambil lebih banyak trading daripada yang seharusnya, terganggu faktor eksternal, melewatkan momen, keluar sebelum waktunya, menahan posisi terlalu lama, dan masih banyak lagi

Day Trader membutuhkan disiplin untuk tidak melakukan apa pun ketika tidak ada peluang, mereka harus tetap sigap terhadap peluang potensial yang akan muncul. Kemudian, mereka membutuhkan disiplin untuk bertindak secara instan ketika peluang trading terjadi. Setelah masuk ke dalam transaksi, day trader membutuhkan disiplin untuk mengikuti rencana trading yang telah dibuat.

Kesabaran

Kesabaran berhubungan dengan disiplin. Seperti dibahas di atas, trading harian membutuhkan banyak menunggu. Ketika seorang trader memasuki atau keluar dari pasar pada waktu yang tidak tepat, mereka akan sering menyesal dengan tindakannya.

Masuk atau keluar pasar terlalu dini adalah masalah yang sering dialami para trader pemula. Oleh karena itu, sebaiknya bulatkan tekad agar trading Anda tidak dikendalikan oleh emosi. Trader membutuhkan kesabaran dalam menunggu titik masuk dan keluar yang ideal berdasarkan strategi mereka

Kemampuan Beradaptasi

Anda tidak akan pernah melihat dua transaksi yang persis sama. Perbedaan konstan ini menimbulkan masalah ketika seseorang hanya melihat contoh buku teks tentang strategi. Ketika mereka pergi untuk mengimplementasikannya, semuanya terlihat berbeda dari bagaimana hal itu terjadi dalam contoh di buku tersebut.

Trader yang sukses menerapkan strategi mereka di semua jenis kondisi pasar dan tahu kapan mereka tidak boleh menggunakan strategi mereka. Seorang trader harus dapat melihat kondisi pasar setiap hari dan menentukan cara terbaik untuk menerapkan atau tidak menerapkan strategi mereka.

Ketangguhan Mental

Pasar tidak sebaik Tuhan. Pasar mungkin akan terus-menerus memberikan kerugian dan Anda harus bangkit kembali. Jika Anda merasa putus asa setiap kali mengalami kerugian, di sanalah sebenarnya Anda sudah gagal trading.

Semua hal butuh proses, begitu pun juga trading. Perlu diingat bahwa terdapat banyak sekali peluang di pasar. Keuntungan harian masih dapat Anda dapatkan dilain kesempatan meskipun Anda mengalami kerugian pada satu transaksi. Namun, hal tersebut dapat terjadi hanya jika Anda memiliki mental yang kuat.

Seorang trader harus menahan rentetan pukulan terus menerus dari pasar. Kerugian adalah fakta trading, tetapi bagaimana kita bertindak setelah beberapa trading yang sulit itulah yang membuat semua perbedaan.

Setelah mengambil kerugian, lanjutkan, dan terus ikuti rencana trading Anda. Jika Anda telah mengikuti rencana Anda tetapi Anda terus merugi, kondisi pasar kemungkinan besar tidak cocok untuk strategi Anda. Carilah strategi lain tanpa mengingat trading yang Anda jalankan sebelumnya.

Nah, itulah beberapa sifat day trader yang mungkin dapat Anda jadikan introspeksi diri agar trading Anda berjalan dengan lebih baik. Bagi Anda yang ingin berdiskusi lebih lanjut, jangan ragu untuk menghubungi konsultan profesional Mentari Mulia.

Para konsultan profesional kami selalu siap memberikan edukasi dan bimbingan dengan sepenuh hati. Selain itu, juga terdapat rekomendasi sinyal trading harian dari para analis profesional di setiap harinya. Untuk itu, yuk gabung bersama kami sekarang dengan klik di sini.