fbpx

Edukasi Alasan Mengapa Menabung Tak Membuat...

Alasan Mengapa Menabung Tak Membuat Anda Kaya

11-10-2021Penulis: Adi Kurniawan

strategi

Keuangan selalu menjadi masalah bagi semua orang, tidak peduli seberapa pintar Anda atau seberapa tinggi pekerjaan Anda. Dengan sistem pendidikan saat ini, cukup ironis bahwa kita tidak diajarkan apa-apa tentang uang, tetapi tujuan utama kita adalah mendapatkannya untuk memenuhi kebutuhan. Jika Anda berpikir bahwa menabung bisa membuat Anda mendapatkan kebebasan finansial, Anda salah besar! Mengapa? Yuk simak beberapa alasan mengapa menabung tak membuat Anda kaya!

Menabung Tak Membuat Anda Kaya

Sejujurnya, menabung bukanlah suatu hal yang buruk. Menumbuhkan budaya menabung adalah salah satu kebiasaan pengelolaan keuangan yang baik. Hal ini dapat membuat Anda lebih disiplin dan memungkinkan Anda untuk mencapai tujuan yang Anda inginkan.

Ketika Anda memiliki sejumlah uang yang disisihkan, Anda memiliki perasaan aman bahwa ada sesuatu yang dapat menjadi sandaran jika terjadi peristiwa yang tidak direncanakan, seperti kehilangan pekerjaan dan beberapa keadaan darurat lainnya.

Sekarang kita lihat beberapa orang kaya di seluruh dunia, seperti Bill Gates. Warren Buffet, Carlos Slim, Sergi Brian atau miliarder Nigeria seperti Aliko Dangote, Mike Adenuga, Femi Otedola, dan masih banyak lagi. Tahukah Anda, bahwa tidak ada satu pun dari mereka yang mengaitkan kekayaan mereka dengan program tabungan?

Risiko Inflasi

Ingat ketika Anda dapat membeli banyak hal hanya dengan uang tunai 5000 rupiah pada tahun 90-an? Namun, uang 5000 rupiah saat ini mungkin hanya berguna untuk membeli satu hingga dua camilan. Inilah yang dinamakan inflasi untuk Anda.

Ketika biaya hidup meningkat, uang tunai yang kita miliki nilainya menjadi terkikis. Apa yang dibeli di toko kelontong seharga 5 ribu rupiah 20 tahun yang lalu terlihat sangat berbeda dari apa yang dibeli hari ini. Dengan kata lain, kemungkinan nilai uang yang Anda simpan di bank saat ini memiliki nilai lebih daripada di masa depan karena risiko inflasi.

Dampak Kebutuhan Darurat

Peristiwa hidup tidak terjadi dalam satu garis lurus, terkadang terjadi hal-hal yang tidak direncanakan, seperti kematian orang yang dicintai, kehilangan mata pencaharian, kebakaran, kecelakaan, perampokan dan segala macam hal tak terduga lainnya

Ketika semua hal itu terjadi, Anda tidak akan memiliki pilihan selain menggunakan apa pun yang telah Anda simpan untuk memenuhi kebutuhan darurat itu–terlepas dari tujuan awal Anda menabung. Anda akan merasa lega bahwa setidaknya dengan menggunakan tabungan Anda, Anda dapat mengatasi masalah tersebut.

Namun, tahukah Anda bahwa tanpa disadari peristiwa itu dapat menghancurkan semua tabungan Anda dan membuat semuanya menjadi sia-sia? Anda mungkin harus memulai dari awal lagi untuk menabungnya kembali.

Lalu Apa yang Harus Dilakukan?

Apa yang dapat membuat Anda kaya? Jawabannya cukup mudah! Buat uang Anda bekerja dengan berinvestasi. Daripada menabung, lebih baik sisihkan uang Anda untuk investasi. Investasi dapat membuat uang Anda beranak-pinak.

Pilih jenis instrumen investasi yang disesuaikan dengan kebutuhan dan tujuan Anda. Menciptakan kebebasan finansial impian bukanlah tentang berapa banyak uang yang kita peroleh atau simpan. Ini tentang apa yang kita lakukan dengan uang itu.

Bagi banyak orang, gagasan berinvestasi mungkin dapat memicu dua emosi, seperti ketakutan karena risiko dan kebingungan. Ini adalah dua alasan utama kenapa orang tidak pernah memulai investasi. Namun, jangan biarkan rasa takut dan bingung menghalangi Anda menjadi kaya.  

Pada dasarnya, investasi adalah bisnis dan setiap bisnis pasti memiliki risiko. Risiko tidak dapat dihilangkan, tetapi bisa diminimalisir dengan manajemen keuangan yang baik. Para profesional Mentari Mulia selalu siap memberikan cara-cara memanajemen risiko terhadap investasi yang Anda lakukan.

Di Mentari Mulia, Anda dapat memilih jenis instrumen investasi seperti emas, forex, indeks, dan 50 jenis saham CFD. Jangan khawatir jika Anda merupakan seorang pemula, karena kami akan selalu memberikan bimbingan dan edukasi kepada Anda melalui berbagai seminar atau konsultasi pribadi. Oleh karena itu, segera berinvestasi bersama kami sekarang dan raih kesuksesan Anda dengan klik di sini.