fbpx

Edukasi Apa Itu Ekonomi Makro dan...

Apa Itu Ekonomi Makro dan Apa Saja Tolok Ukurnya?

08-10-2021Penulis: Adi Kurniawan

Ketika harga barang/produk naik, pastinya akan mempengaruhi kondisi ekonomi suatu negara. Tapi, apa yang membuat harganya naik? Apakah karena permintaan lebih besar dari penawaran? Apakah biayanya naik karena bahan baku yang dibutuhkan untuk membuatnya? Atau, apakah karena perang? Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan ini, kita perlu beralih ke analisis ekonomi makro. Apa itu ekonomi makro? Yuk simak artikel berikut!

Apa itu Ekonomi Makro?

Ekonomi makro atau makroekonomi adalah studi tentang perilaku ekonomi secara keseluruhan. Ini berbeda dengan ekonomi mikro, yang lebih berkonsentrasi pada individu dan bagaimana mereka membuat keputusan ekonomi. Sementara ekonomi mikro melihat faktor tunggal yang mempengaruhi keputusan individu, ekonomi makro mempelajari faktor ekonomi secara umum.

Pemerintah suatu negara tentunya akan melihat faktor ekonomi makro ketika akan menganggarkan pengeluaran, menetapkan pajak, memutuskan suku bunga, dan membuat suatu kebijakan. Analisis makroekonomi secara luas berfokus pada tiga hal, yaitu output nasional yang diukur dengan produk domestik bruto, pengangguran, dan inflasi.

Produk Domestik Bruto (PDB)

Konsep makroekonomi mengacu pada jumlah total barang dan jasa yang dihasilkan suatu negara, umumnya dikenal sebagai produk domestik bruto (PDB).  Ketika mengacu pada PDB, ahli ekonomi makro cenderung menggunakan PDB riil, yang memperhitungkan inflasi, daripada PDB nominal.

Dari analisis ekonomi makro, kita bisa melihat alasan mengapa suatu negara mengalami penurunan atau penguatan ekonomi, bisa berupa karena kebijakan pemerintah, perilaku konsumen, atau fenomena internasional lainnya. Dengan demikian, kita dapat menentukan negara asing mana yang kuat atau lemah secara ekonomi.

Berdasarkan apa yang mereka pelajari dari masa lalu, analis kemudian dapat mulai meramalkan keadaan ekonomi masa depan. Namun, penting untuk diingat bahwa apa yang menentukan perilaku manusia pada akhirnya tidak pernah dapat diramalkan sepenuhnya.

Tingkat Pengangguran

Tingkat pengangguran merupakan indikator ahli ekonomi makro mengenai berapa banyak orang dari kumpulan tenaga kerja tersedia yang tidak dapat menemukan pekerjaan. Ketika perekonomian mengalami pertumbuhan, maka itu ditunjukkan dengan tingkat pertumbuhan PDB dan tingkat pengangguran yang cenderung rendah.

Hal tersebut dikarenakan dengan naiknya tingkat PDB (riil), maka output roda ekonomi lebih tinggi. Dengan kata lain, dibutuhkan lebih banyak pekerja untuk mengimbangi tingkat produksi yang lebih besar, sehingga tingkat pengangguran cenderung turun.

Inflasi

Faktor ketiga yang dilihat oleh para ahli ekonomi makro adalah tingkat inflasi. Inflasi terutama diukur dengan dua cara, yaitu melalui Consumer Price Index (CPI) dan deflator PDB. CPI memberikan harga terkini dari sekumpulan barang dan jasa terpilih yang diperbarui secara berkala. Deflator PDB adalah rasio PDB nominal terhadap PDB riil.

Jika PDB nominal lebih tinggi dari PDB riil, kita dapat mengasumsikan harga barang dan jasa telah meningkat. Baik deflator PDB maupun CPI cenderung bergerak ke arah yang sama dan berbeda kurang dari 1%.

Apa yang Bisa Dilakukan Pemerintah?

Ada dua cara bagi pemerintah menerapkan kebijakan ekonomi makro, yaitu dengan penerapan kebijakan moneter dan fiskal. Dua kebijakan ini adalah alat untuk membantu menstabilkan ekonomi suatu negara. Ingin melihat bagaimana kedua kebijakan ini bekerja? Silakan klik di sini.

Pada dasarnya, kinerja ekonomi suatu negara sangat penting diperhatikan, terutama untuk trader forex. Meskipun konsumen yang pada akhirnya menentukan arah perekonomian, pemerintah juga mempengaruhinya melalui kebijakan fiskal dan moneter. Dengan kata lain, kebijakan yang dilakukan pemerintah pasti akan berpengaruh dengan nilai mata uang negara yang bersangkutan.

Nah, itulah pembahasan mengenai ekonomi makro dan beberapa hal yang menjadi tolok ukurnya. Anda dapat belajar lebih mendalam tentang bagaimana cara melihat kondisi ekonomi suatu negara pada konsultan profesional Mentari Mulia. Para profesional kami akan selalu siap memberikan bimbingan dengan sepenuh hati. Yuk gabung dengan klik di sini!