fbpx

Edukasi Apa Saja Penyebab Trading Gagal?

Apa Saja Penyebab Trading Gagal?

11-10-2021Penulis: Adi Kurniawan

penyebab trading gagal

Sebagian besar trader gagal karena alasan yang sama. Ini adalah alasan yang universal, tak peduli Anda merupakan trader pemula atau profesional. Kebanyakan trader gagal karena tak siap dengan taktik mereka untuk mengatasi “lawan”, yaitu pasar itu sendiri. Baca beberapa penyebab trading gagal di bawah ini!

Kelumpuhan Analisis

Ketika baru memulai trading, Anda mungkin berpikir bahwa trading bukanlah hal yang mudah. Anda berpikir bahwa trading memerlukan lebih banyak pengetahuan daripada sekadar mengetahui kapan harus membeli/menjual. Kemudian, Anda mulai membaca buku, menelusuri forum, bahkan mendaftar ke kursus trading untuk memperoleh lebih banyak pengetahuan.

Anda belajar tentang indikator yang memberi tahu Anda saat harga sudah overbought/oversold, angka Fibonacci yang memproyeksikan harga ke masa depan,  pola candlestick yang menandakan pembalikan di pasar, dan masih banyak lagi.

Setelah semua pengetahuan Anda peroleh, Anda mulai mempraktikkannya. Namun, di tengah jalan Anda mengalami kelumpuhan analisis, yaitu keadaan di mana Anda menganalisis situasi pasar secara berlebihan sehingga keputusan tidak pernah diambil.

Anda melihat indikator RSI mengalami oversold pada posisi terendah dan Anda berpikir untuk membeli. Tapi di sisi lain, momentum saat ini melawan Anda, dan harga baru saja membentuk pola bearish engulfing . Jadi apa yang harus Anda lakukan?

Ini adalah contoh khas dari kelumpuhan analisis, di mana Anda memiliki begitu banyak informasi yang masuk sekaligus dan itu membuat labil proses pengambilan keputusan Anda. Oleh karena itu, jika Anda mengalami kelumpuhan analisis dalam trading Anda, sebaiknya Anda memilih beberapa alat trading yang Anda rasa nyaman dan abaikan sisanya.

Tidak Ada Manajemen Risiko dan Trading Plan

Sebuah restoran memiliki 2 ruangan, yaitu ruang depan dan belakang. Ruang depan adalah tempat makanan disajikan kepada para penikmat beserta dengan sensasi kemewahan. Sedangkan, ruang belakang adalah dapur, yang umumnya tidak serapi ruang depan.

Ruang belakang adalah sisi operasi bisnis yang mendukung ruang depan. Satu hal yang harus Anda tahu adalah tidak peduli seberapa hebat ruang depan, itu tidak akan bertahan dengan operasi ruang belakang (dapur) yang buruk.

Setiap restoran tentunya mempunyai resep makanannya tersendiri, resep yang baik akan membuat citra rasa makanan yang akan disukai para penikmat. Dibutuhkan juga manajemen waktu dan manajemen pembagian koki agar makanan bisa disajikan secara teratur.

Begitu pun juga dengan trading, tidak peduli seberapa hebat sistem trading Anda, tetap akan gagal jika Anda memiliki manajemen risiko dan resep (trading plan) yang buruk. Sebagian besar trader yang gagal itu karena tak memiliki rencana trading dan tidak dapat mengatur manajemen risiko.

Trading berdasarkan firasat, emosi, atau tanpa rencana trading adalah perjudian murni. Ketika Anda tidak memiliki rencana trading, Anda akan trading tanpa tujuan dan tidak tahu area mana dari trading Anda yang perlu ditingkatkan.

Atasi dengan Belajar Trading di Mentari Mulia!

Jika Anda masih mengalami kesulitan dan sulit keluar dari kesulitan tersebut, jangan khawatir! Hal terbaik yang harus Anda lakukan adalah berdiskusi dengan ahlinya. Para profesional Mentari Mulia selalu siap memberikan bimbingan dan edukasi kepada Anda dengan sepenuh hati.

Jangan khawatir jika Anda merupakan seorang pemula, karena kami akan tetap membimbing  walaupun Anda belum memiliki pengalaman trading. Kami akan berusaha memberikan pelayanan terbaik. Mentari Mulia adalah tempat terbaik untuk Anda berinvestasi. Segera bergabung bersama kami sekarang dengan klik di sini.