Edukasi Bagaimana Cara Mengetahui Bahwa Strategi...

Bagaimana Cara Mengetahui Bahwa Strategi Trading Bekerja?

08-04-2022Penulis: Adi Kurniawan

Cara pasti untuk mengetahui strategi trading bekerja adalah mulai menggunakannya dan melihat akun Anda terus tumbuh. Tetapi bagaimana kita tahu jika suatu strategi trading akan berhasil sebelum kita memasukkan uang ke dalamnya? Yuk simak!

Cara Mengetahui Bahwa Strategi Trading Bekerja

Yah, kita tidak bisa tahu pasti apa yang akan terjadi; tetapi kita dapat mencoba mengurangi risiko dengan menghilangkan hal yang jelas-jelas tidak berhasil. Inilah gunanya backtesting.

Dan meskipun Anda akan menemukan banyak artikel yang merekomendasikan untuk melakukan backtest suatu strategi sebelum menerapkannya, tidak banyak yang memberi tahu Anda seperti apa backtest yang berhasil. Yuk baca sampai selesai!

Kita Harus Membuat Segalanya Menjadi Pribadi

Alasan utama mengapa para ahli tidak akan memberi tahu Anda seperti apa strategi yang sukses itu adalah karena trading itu cukup pribadi. Apa yang mendefinisikan kesuksesan untuk satu orang, bisa jadi tidak berlaku untuk orang lain. Jadi, tergantung pada gaya trading Anda, hanya Anda yang bisa menilai kesuksesan trading Anda.

Jika seorang trader menyatakan kriteria untuk strategi trading yang hebat baginya, itu mungkin dapat tidak berhasil untuk Anda, kemudian Anda akan sangat tidak senang dengan trader tersebut dan strateginya.

Anda harus paham bahwa semua trading bersifat pribadi dan saran untuk apa yang dianggap sebagai strategi trading yang sukses dapat bervariasi. Kesuksesan tersebut tergantung pada gaya trading dan psikologi trading Anda. Sehebat apapun strategi yang Anda coba dari analis profesional, tetap tidak akan berhasil jika Anda tak bisa mengendalikan psikologi.

Mencoba untuk Tidak Kabur

Bagaimana Anda tahu bahwa Anda telah cukup menguji strategi? Ini pertanyaan yang bagus! Backtesting adalah saran yang sering diulang, tetapi tidak ada yang memberi tahu Anda seberapa jauh Anda harus pergi, atau berapa banyak yang harus Anda lakukan. Namun, semakin Anda melakukan backtest, semakin baik Anda.

Pada dasarnya, sekarang – sudahkah Anda melakukan backtesting? Apakah Anda punya waktu luang untuk melakukannya? Jika belum, mulai adalah langkah awal yang baik. Tak perlu terlalu pusing untuk memikirkan apa yang harus Anda lakukan. Mulailah saja dengan menguji suatu strategi yang ingin digunakan di akun demo.

Umumnya, Anda ingin melalui keseluruhan siklus yang dapat memengaruhi keamanan yang akan Anda tradingkan. Misalnya, ada laporan yang keluar sebulan sekali yang akan memengaruhi tren umum pasangan mata uang, jadi Anda ingin dapat melakukan backtest melalui seluruh siklus itu, dan dapat mengetahui bahwa apakah strategi tersebut hanya bekerja pada data itu atau dapat bekerja secara umum.

Tingkat Kesuksesan

Tidak ada strategi trading yang akan memberi Anda tingkat keberhasilan 100% – jika ya, ada sesuatu yang mencurigakan. Anda dapat memiliki tingkat keberhasilan yang relatif tinggi dalam keadaan tertentu, tetapi tingkat keberhasilan untuk sebagian besar trader profesional berfluktuasi antara 55-60%. Itu mungkin terdengar agak rendah, tetapi intinya di sini adalah bahwa trading Anda yang menang menghasilkan lebih banyak dari yang kalah.

Jadi, Anda tidak perlu terlalu kecewa jika Anda memiliki strategi yang memberi Anda persentase positif 60+% setiap saat. Nah, apakah ini bagus atau tidak akan sedikit bergantung pada strategi pengelolaan uang Anda.

Ingatlah bahwa trading yang sukses bukanlah trading di mana Anda mendapat sinyal bahwa pasar akan menuju ke arah tertentu, dan kemudian pasar melakukannya; Anda harus melacaknya hingga kesimpulan. Anda harus mempertimbangkan sinyal masuk dan titik keluar, dan kemudian menentukan apakah perdagangan itu berhasil sesuai dengan rencana Anda.

Intinya adalah bahwa seorang trader yang sukses memiliki rencana trading berdasarkan ekspektasi realistis dari kemampuan pasar, dan kemudian membandingkan strategi pilihan mereka dengan rencana itu.

Nah, itulah sekilas pembahasan mengenai bagaimana cara mengetahui bahwa strategi trading bekerja. Jika Anda ingin belajar trading lebih lanjut, jangan sungkan untuk menghubungi profesional Mentari Mulia. Para profesional kami selalu siap memberikan edukasi dan bimbingan dengan sepenuh hati. Yuk gabung bersama kami dengan klik di sini.