fbpx

Edukasi Cara Andal untuk Mencegah Overthinking...

Cara Andal untuk Mencegah Overthinking Saat Trading

11-01-2022Penulis: Adi Kurniawan

Sebagai seorang trader, bebaskan diri Anda dari kekhawatiran terus-menerus, dan terapkan cara jitu untuk menghentikan diri Anda dari overthinking. Untuk karir trading yang efektif, Anda harus memiliki kekuatan mental yang kuat. Untuk mengatasi ini, yuk baca artikel tentang cara andal untuk mencegah overthinking saat trading di bawah ini!

Apa Itu Overthinking dalam Trading?

Overthinking dalam trading adalah kebiasaan menghabiskan terlalu banyak waktu untuk menganalisis tanpa mengambil tindakan. Overthinking bisa menjadi masalah yang mengganggu dan melelahkan untuk dilalui. Analisis yang berlebihan dapat menyebabkan hambatan mental dan ketegangan kognitif.

Jika Anda terus-menerus melihat ke belakang atau khawatir tentang masa depan, Anda bisa menjadi lebih tidak produktif atau tertekan. Ciptakan lingkungan perdagangan yang positif dan sehat dengan mengelola segala kecenderungan masalah overthinking.

Menurut The Psychology Behind Chronic Overthinking, keraguan diri, pengalaman traumatis, kecemasan, dan masalah dengan kepercayaan diri adalah beberapa faktor yang menyebabkan overthinking kronis.

Dampak Overthinking

Beban menjadi overthinker pada akhirnya akan berdampak buruk pada kesejahteraan mental. Selain kehilangan produktivitas, trader yang terus-menerus menganalisis secara berlebihan akhirnya tidak menggunakan kekuatan kognitif mereka dengan baik. Dalam jangka panjang, ini dapat mempengaruhi kinerja dan kesehatan mental secara keseluruhan.

Terlepas dari efek negatif dari overthinking, penting untuk diingat bahwa merasa khawatir atau takut adalah hal yang normal. Dengan risiko moneter yang terlibat saat trading, adalah normal untuk merasa cemas karena itu berarti Anda sedang metodis dan berhati-hati. Namun, yang menjadi masalah adalah ketika emosi menjadi tidak terkendali.

Jenis Umum Overthinking dan Cara Mengelolanya

Bangun disiplin dan kekuatan karakter untuk menghentikan diri Anda dari overthinking. Seringkali, masalah overthinking adalah tantangan yang diremehkan. Jika Anda tidak mengambil kendali, perilaku menganalisis secara berlebihan dapat menyebabkan tingkat produktivitas yang lebih rendah, manajemen emosi yang buruk, dan efek negatif pada kesehatan mental.

1. Terlalu Memikirkan Emosi atau Kemampuan Anda

Umumnya, trader terlalu memikirkan emosi dan kemampuan pribadi mereka, terutama sebelum eksekusi langsung . Karena pikiran negatif yang terus-menerus, trader mungkin kehilangan fokus dan pikiran. Dalam jangka panjang, dapat berdampak negatif pada pengambilan keputusan sehari-hari.

Latih diri Anda untuk menghapus pikiran negatif dan memunculkan hal positif dalam pikiran Anda. Dorong kepercayaan diri dengan melengkapi diri Anda dengan strategi yang kuat dan keterampilan yang optimal. Anda dapat mengandalkan apa yang telah Anda pelajari dan mendapatkan kepercayaan diri.

2. Terlalu Banyak Berpikir Saat Perencanaan Tindakan

Berpikir terlalu banyak menyebabkan kelumpuhan analisis. Dalam trading, penting untuk memikirkan semuanya, tetapi banyak yang menggunakan pemikiran sebagai sarana untuk menghindari tindakan. Saat membuat strategi trading Anda, penting untuk membebaskan diri Anda dari pikiran yang melumpuhkan dan memastikan Anda mencapai sistem yang andal.

Menaklukkan pikiran khawatir adalah salah satu cara terbaik yang dapat Anda lakukan melalui perencanaan yang tepat. Overthinking selama tahap ini biasanya ada hubungannya dengan kekhawatiran tentang masa depan. Jika tidak dilawan, Anda mungkin tidak dapat mengambil tindakan.

Merasa khawatir adalah reaksi normal terutama jika Anda merasa cemas dengan sistem trading Anda. Ini hanya tidak efektif ketika terlalu banyak kekhawatiran menghambat kemampuan Anda untuk mengambil tindakan dan melakukan dengan baik.

Jika Anda merasa tidak yakin tentang sesuatu dalam strategi Anda, manfaatkan akun demo. Fitur ini akan membantu Anda menyelesaikan masalah, menyempurnakan strategi, dan memungkinkan Anda membahas detail kecil yang Anda khawatirkan.

3. Terlalu Banyak Memikirkan Masalah di luar Kendali Anda

Ketidakpastian adalah penyebab umum dari terlalu banyak berpikir. Kenyataannya adalah bahwa trading melibatkan risiko yang dipengaruhi oleh hal-hal di luar kendali seseorang. Penting untuk memahami hal ini sebelum melakukan trading langsung.

Menganalisis masalah secara berlebihan di luar kendali Anda dapat menjadi tidak produktif dan berbahaya bagi efisiensi keseluruhan saat trading. Dalam lingkungan trading yang bergejolak, trader perlu belajar beradaptasi dengan perubahan apa pun yang diperlukan, atau ketika situasi yang tidak terduga muncul.

Pastikan untuk menguasai keterampilan Anda dan terus-menerus meningkatkan pengetahuan Anda tentang trading. Ketika masalah muncul, Anda dapat memiliki kemampuan untuk bereaksi dengan cepat dan merespons dengan baik.

Biarkan diri Anda khawatir dengan meluangkan waktu untuk merenung. Bagi sebagian orang, ini adalah cara yang efektif untuk menghilangkan rasa frustrasi atau kekhawatiran. Dengan mengatur jadwal untuk memikirkan kekhawatiran Anda, Anda bisa menjadi lebih baik dalam mengendalikan pikiran Anda.

Nah, itulah sedikit pembahasan mengenai cara untuk mencegah overthinking dalam trading. Pada dasarnya, semua hal di atas dapat dicegah jika kita memiliki kemauan yang kuat. Bagi Anda yang masih kesulitan, jangan ragu untuk menghubungi mentor profesional dengan bergabung bersama Mentari Mulia. Untuk bergabung, yuk klik di sini!