Edukasi Ingin Menjadi Sukses Seperti Warren...

Ingin Menjadi Sukses Seperti Warren Buffet? Investasi di Saham Perusahaannya!

17-05-2021Penulis: Adi Kurniawan

Mungkin sebagian dari kita cukup asing dengan nama perusahaan Berkshire Hathaway. Tapi tahukah Anda bahwa perusahaan ini milik investor legendaris yang terkenal sukses dan merupakan salah satu orang terkaya di dunia? Ya, perusahaan ini milik Warren Buffet!

Berkshire Hathaway adalah perusahaan konglomerasi (holding company) yang bermarkas di Omaha, Nebraska, Amerika Serikat. Perusahaan ini memiliki banyak anak perusahaan. Bisnis inti dari Berkshire Hathaway adalah asuransi, termasuk properti dan asuransi jiwa, reasuransi dan asuransi khusus yang tidak standar.

Perusahaan ini dikendalikan oleh Warren Buffett, salah satu investor yang paling banyak dibicarakan dan merupakan salah satu terkaya di dunia menurut majalah Forbes. Perusahaan ini berawal dari sejarah yang cukup panjang. Awalnya, perusahaan ini merupakan Hathaway Manufacturing Company yang didirikan pada tahun 1888 oleh Horatio Hathaway, yaitu sebuah bisnis di bidang pengolahan kapas.

Perusahaan ini sukses pada dekade pertama, tetapi mengalami kemunduran saat terjadinya penurunan dalam industri tekstil setelah Perang Dunia I. Pada waktu itu, perusahaan dijalankan oleh seseorang bernama Seabury Stanton. Stanton berhasil membalikkan keadaan perusahaan setelah krisis besar pada tahun 1929.

Pada tahun 1962, Warrent Buffett mulai membeli saham Berkshire Hathaway. Setelah beberapa benturan kepentingan dengan keluarga Stanton, Buffett membeli cukup banyak saham untuk mengubah manajemen dan kemudian mengendalikan perusahaan ini.

Buffett tetap mempertahankan bisnis inti Berkshire Hathaway di industri tekstil, tetapi pada tahun 1967 mulai melakukan ekspansi ke industri asuransi dan investasi lainnya. Perusahaan asuransi pertama yang dibeli oleh Berkshire adalah National Indemnity Company. Pada akhir 1970-an, Berkshire mengakuisisi Government Employees Insurance Company (GEICO).

Pada tahun 1985, pabrik tekstil Berkshire resmi ditutup. Menurut Buffet, bisnis ini dianggap sudah tak mampu memberikan keuntungan. Buffett menutup bidang usaha tekstil, tetapi tetap mempertahankan nama Berkshire Hathaway dan menjadikannya perusahaan investasi (investment company).

Hingga saat ini, Berkshire Hathaway menjadi perusahaan investasi yang sangat sukses. Pada awalnya di Berkshire, Buffett berfokus pada investasi jangka-panjang dalam perusahaan-perusahaan yang sudah terdaftar di Bursa Efek, tetapi sekarang ini sudah beralih menjadi membeli saham perusahaan secara keseluruhan.

Saham Berkshire Hathaway

Berkshire Hathaway memberikan tingkat pengembalian tahunan rata-rata yang fenomenal, yaitu 25%+ kepada pemilik saham selama 25 tahun terakhir, dengan jumlah kapital yang besar dan hutang yang sedikit.

Hingga saat ini, saham Berkshire Hathaway mengalami peningkatan yang sangat signifikan. Para investor berbondong-bondong berinvestasi pada saham Berkshire Hathaway. Akibat aksi beli yang terjadi besar-besaran ini, total kekayaan Buffet pun ikut bertambah drastis.

Pada Maret 2021 kekayaan miliarder Warren Buffett mencapai USD 100 miliar atau sekitar 1.436 triliun rupiah. Hal tersebut karena pada Maret 2021 ini harga saham Berkshire Hathaway Inc mencapai rekor tertinggi.

Harga saham Berkshire telah melonjak tinggi pada Maret 2021, dengan saham Kelas A melampaui USD 400.000. Hal ini terjadi setelah perusahaan yang berbasis di Omaha, Nebraska ini membaik di kuartal keempat, meskipun pandemi COVID-19 telah melanda dunia.

Dikutip dari Business Insider, harga saham perusahaan Warren Buffet naik $ 9 miliar atau setara dengan Rp 129,6 triliun di Bank of America saja. Harga saham perbankan tersebut melonjak 30% sejak awal Januari sehingga meningkatkan nilai saham perusahaan Berkshire dari $ 30 miliar atau Rp 432 triliun menjadi $ 39 miliar atau setara dengan Rp 561, 6 triliun.

Saham Berkshire diprediksi akan terus berkinerja baik pada tahun 2021 dan tahun-tahun berikutnya. Bahkan, beberapa analis menaikkan target harga mereka terhadap saham Berkshire bulan ini. Kesuksesan perusahaan ini berkat pemikiran Buffet dalam mencari peluang-peluang di dunia bisnis.

Bagaimana Cara Trading Saham Berkshire Hathaway?

“Duh jadi ingin investasi di saham Berkshire Hathaway agar dapat kebagian profit dari kesuksesannya di tahun ini. Tapi bingung mau investasi dimana”

Sekarang tak perlu khawatir lagi! PT Mentari Mulia Berjangka menyediakan untuk Anda yang ingin trading saham-saham internasional loh, termasuk Berkshire Hathaway!

Anda dapat mulai investasi saham Berkshire Hathaway bersama kami dengan Contracts for Difference (CFD) yang memiliki banyak sekali keunggulan. Tentunya, Contracts for DIfference (CFD) ini berpatokan langsung dengan pergerakan harga saham Berkshire Hathaway.

“Tapi saya takut kalau harganya sudah tinggi dan suatu saat nanti mengalami penurunan”

Tenang saja! Dengan adanya Contracts for Difference (CFD) memungkinkan Anda untuk mendapatkan potensi keuntungan dua arah, baik ketika harga sedang mengalami kenaikan, maupun ketika harga sedang mengalami penurunan.

Dengan adanya keuntungan dua arah, Anda dapat menjadikan CFD ini sebagai sarana lindung nilai. Selain itu, dalam CFD juga terdapat sistem leverage yang memungkinkan Anda untuk bertransaksi dengan potensi keuntungan yang lebih besar dari modal yang Anda miliki.

Tak hanya itu saja, kami juga memiliki para konsultan profesional yang siap memberikan bimbingan, serta analis internasional yang siap memberikan pelatihan dan analisis-analisis pasar. Yuk mulai trading saham Berkshire Hathaway bersama kami! Tentukan jalan kesuksesan Anda bersama kami sekarang!