Edukasi Kelola Risiko Trading dengan 5...

Kelola Risiko Trading dengan 5 Aturan Ini!

20-05-2022Penulis: Adi Kurniawan

Mengambil, mengelola, dan meminimalisir risiko adalah salah satu tugas yang harus dilakukan trader di pasar keuangan global, khususnya di pasar forex dan gold. Trading adalah bisnis dan setiap bisnis pasti memiliki risiko. Nah, pada artikel kali ini akan dijelaskan mengenai 5 aturan untuk mengelola risiko trading. Apa saja? Yuk simak!

Hal yang Berbeda untuk Orang yang Berbeda

Beberapa teori risiko ditujukan untuk semua orang, tetapi tidak semua risiko dapat diterapkan secara universal untuk semua orang. Itu karena meskipun kita semua adalah manusia, kita juga individu dengan kebutuhan, keinginan, tujuan, dan ambisi kita sendiri.

Faktor-faktor ini datang bersama untuk membantu menentukan apa yang mungkin kita pikirkan tentang keadaan kita. Di pasar, keadaan kita sendirilah yang akan menentukan seberapa besar risiko yang pantas untuk kita ambil.

Mengapa Mengekspos Diri Anda pada Risiko?

Hal pertama yang harus diputuskan adalah mengapa Anda ingin mengambil risiko sejak awal, dan apa yang ingin Anda capai dengan melakukannya. Dalam konteks pasar keuangan, jawabannya kemungkinan besar adalah seputar menghasilkan uang atau meningkatkan modal Anda.

Untuk melakukannya, Anda bersedia mempertaruhkan sebagian uang yang Anda miliki saat ini. Itu membawa kita ke aturan pertama kita yaitu: Anda tidak boleh berspekulasi dengan apa pun selain modal risiko atau selain uang ”dingin” yang Anda miliki.

Sekarang, tentu saja, tidak ada yang ingin kehilangan uang, tetapi aturan ini menyatakan bahwa modal trading Anda tidak boleh berupa uang “panas”, yang merupakan uang untuk kebutuhan sehari-hari, membayar tagihan, dan sejenisnya.

Jika Anda sudah menggunakan uang “dingin”, hal selanjutnya yang harus diperhatikan adalah aturan kedua: Anda perlu memahami produk yang Anda tradingkan. Jika Anda tidak memahami sifat dan mekanisme produknya, maka Anda tidak akan dapat menilai dan mengukur secara akurat risiko yang ditimbulkannya terhadap modal Anda.

Hasil yang paling mungkin dalam keadaan tersebut adalah Anda akan kehilangan sejumlah besar uang yang telah Anda pertaruhkan itu.

Ukuran Bukan Segalanya

Aturan ketiga menggabungkan saran dari aturan satu dan dua: skalakan posisi Anda dengan tepat untuk mencerminkan ukuran akun Anda. Rahasia sukses trading adalah umur panjang dan umur panjang itu dicapai melalui ketahanan dan pertumbuhan modal.

Untuk mempertahankan modal Anda, Anda harus bijaksana tentang bagaimana Anda mengalokasikannya atau membaginya. Banyak trader akan mengalokasikan tidak lebih dari 10 persen dari modal mereka untuk posisi tertentu.

Korelasi

Korelasi menggambarkan hubungan matematis antara dua atau lebih variabel, misalnya pada dua instrumen keuangan. Korelasi bisa positif, di mana perubahan harga instrumen A menghasilkan perubahan ke arah yang sama dari harga instrumen B;

Korelasi juga bisa Negatif, di mana perubahan harga instrumen C menghasilkan perubahan dalam arah yang berlawanan pada harga instrumen D; atau tidak berkorelasi, di mana kedua instrumen bergerak secara independen satu sama lain.

Oleh karena itu, aturan keempat kami adalah: jangan membuka banyak posisi di instrumen yang berbeda tanpa mengetahui bagaimana keterkaitannya. Trader baru sering membuka banyak posisi dengan keyakinan bahwa mereka mendiversifikasi atau menyebarkan risiko mereka, padahal kenyataannya mungkin sebaliknya.

Aturan Pengelolaan Uang dan Stop Loss

Salah satu kesalahan terbesar dan paling sering dilakukan trader pemula adalah mengabaikan pengelolaan uang  dan stop loss. Padahal, stop loss dirancang untuk melindungi modal mereka dan menjaga mereka dalam ‘permainan’ untuk waktu yang lama.

Trader cenderung meyakinkan diri mereka sendiri untuk bertindak rasional dalam melakukan trading, padahal sebenarnya tidak. Sering kali Ada bias di mana trader tidak mengakui bahwa trading yang mereka lakukan itu salah.

Alih-alih menutup posisi atau membiarkan stop loss bekerja dengan sendirinya, mereka justru membiarkan posisi rugi tetap terbuka dan membuat kerugian bergerak lebih jauh. Jadi aturan kelima kami adalah: selalu gunakan dan hormati stop loss.

Memahami mengelola dan membatasi risiko adalah bagian penting dari perjalanan Anda untuk menjadi trader yang sukses. Dengan mengikuti lima aturan sederhana kami untuk mengelola risiko, Anda akan lebih dekat untuk meminimalkan kerugian Anda dan merasa lebih percaya diri dalam perencanaan Anda. Jika masih ada kesulitan, jangan ragu untuk menghubungi konsultan profesional Mentari Mulia dengan klik di sini.