Edukasi Kiat Kesuksesan Jeff Bezos, Sang...

Kiat Kesuksesan Jeff Bezos, Sang Pendiri Perusahaan Raksasa Amazon

09-06-2021Penulis: Adi Kurniawan

Kesuksesan Jeff Bezos tentunya tak luput dari perusahaan besar, Amazon. Jeff Bezos merupakan pendiri yang berhasil membawa Amazon menjadi salah satu perusahaan raksasa di dunia. Tak hanya itu, kesuksesan Amazon juga membawa Jeff Bezos menjadi orang terkaya di dunia pada tahun 2018, dengan total kekayaannya yang diperkirakan mencapai US$ 90,5 miliar atau setara dengan Rp 1.203 triliunan. Bagaimanakah kisahnya? Yuk simak!

Sekilas Tentang Amazon dan Jeff Bezos

Bezos lahir di Albuquerque, New Mexico, pada 12 Januari 1964. Bezos lulus summa cum laude dari Universitas Princeton pada tahun 1986 dengan gelar di bidang ilmu komputer dan teknik elektro. Awal mulanya, Bezos memulai kariernya dengan menjadi seorang analis hedge fund ternama di New York yang didirikan oleh David Shaw.

Namun, ketika menginjak usia 30 tahun, Bezos memilih mengakhiri kariernya sebagai analis dan mendirikan perusahaan yang bergerak di bidang penjualan buku secara online. Perusahaan ini Ia beri nama Cadabra yang telah berganti menjadi Amazon saat ini.

Kesuksesan Jeff Bezos: Mendengar untuk Menghasilkan

Awal mulanya, Amazon hanya merupakan toko yang menjual buku-buku. Namun, seiring dengan perkembangannya, perusahaan ini mengepakkan sayapnya dan merambah ke dunia elektronik, teknologi, pakaian, furnitur, makanan, perhiasan, dan masih banyak lagi.

Perkembangan ini terlahir bukanlah tanpa alasan, melainkan karena sikap keterbukaan Jeff Bezos yang selalu mendengarkan kemauan dan kritik pelanggan. Menurutnya, dengan mendengarkan pelanggan, kita dapat menarik minat mereka dengan memberikan apa yang mereka inginkan.

“Saya mengirim email kepada 1.000 pelanggan yang dipilih secara acak dan bertanya kepada mereka: ‘Selain barang-barang yang kami jual hari ini, apa barang yang Anda ingin lihat di toko kami?’ Semua tanggapannya cukup panjang, tetapi cara mereka menjawab pertanyaan adalah apapun yang mereka cari saat itu” ungkap Bezos dalam wawancaranya pada tahun 2018 di Economic Club of Washington, yang dikutip dari CNBC.

Dalam suratnya pada tahun 1999 kepada pemegang saham, Bezos membagikan visinya untuk membawa Amazon menjadi perusahaan yang paling berpusat pada pelanggan di dunia. Ia bertekad untuk menjadikan Amazon tempat untuk mencari dan menemukan apa saja yang diinginkan oleh pelanggan.

“Kami akan mendengarkan pelanggan, menciptakan atas nama mereka, dan mempersonalisasi toko untuk mereka masing-masing, sambil bekerja keras untuk terus mendapatkan kepercayaan mereka”, ujar Jeff Bezos.

Kesuksesan Jeff Bezos: Berani Mengambil Risiko

Menurut Jeff Bezos, ketika seseorang memiliki kesempatan untuk melebarkan sayap seperti karier atau bisnis, maka jangan ragu untuk mencoba. Prinsipnya, jika ia gagal, setidaknya ia tak akan dihantui rasa penasaran dan menjadikan kegagalan tersebut untuk mengasah hidupnya agar semakin tangguh. Menurutnya, pengalaman merupakan guru terbaik.

“Saya tidak berpikir saya akan menyesal mencoba dan gagal. Saya akan selalu dihantui oleh keputusan karena tidak mencoba sama sekali” ujar Jeff Bezos.

Prinsipnya ini telah dibuktikan pada kariernya. Jeff Bezos meninggalkan karier perbankannya di investasi Wall Street, dan beralih untuk menjual buku secara online dengan situs web kecil bernama Amazon yang baru ia rintis. Hal tersebut merupakan keputusan yang sangat berisiko, namun ia tetap mengambil risiko itu dengan segala tujuan dan keyakinannya yang jelas.

Kesuksesan Bezos: Sahamnya Berguna untuk Semua

CEO Amazon Jeff Bezos mengatakan bahwa saham Amazon tak hanya membawa dirinya menjadi kaya, tetapi juga dapat membantu orang-orang mewujudkan impiannya. Jeff Bezos mengaku kalau dirinya selalu mendengar cerita-cerita investor yang bisa sukses karena saham Amazon.

“Saya mengenal orang-orang yang telah memakai dana Amazon untuk kuliah, keadaan darurat, rumah, liburan atau untuk memulai bisnis. Cerita-cerita ini terus berlanjut dan bertambah. Saya bangga dengan kekayaan yang kami ciptakan untuk para pemegang saham. Hal ini sangat penting untuk meningkatkan kehidupan mereka” ungkap Bezos.

Menurut Bezos, Amazon telah menciptakan kekayaan senilai USD 1,6 triliun untuk pemilik saham mereka. Bezos mengatakan, saham Amazon telah membuat dirinya dan orang-orang menjadi kaya. Hal tersebut dikarenakan seperdelapan dari saham mewakili USD 1,4 triliun yang dimiliki oleh investor lain, termasuk dana pensiun, universitas, dan untuk hal-hal bermanfaat lainnya.

Pelajaran Penting dari Kisah Jeff Bezos

Kisah Jeff Bezos telah menjadi inspirasi banyak orang. Dari kisahnya, kita dapat belajar bahwa setiap perubahan ditentukan oleh diri kita sendiri. Hidup adalah pilihan dan diri sendirilah yang menentukan arah pilihannya. Jeff Bezos berani mengambil risiko karena percaya dengan kemampuannya.

Bayangkan saja, jika Bezos memilih untuk bertahan pada perusahaan lamanya waktu itu, mungkin saja dia tak bisa sesukses seperti sekarang ini. Oleh karena itu, kita dapat belajar bahwa setiap manusia memiliki tingkat kesuksesan yang sama. Hal yang terpenting adalah seberapa besar keyakinan kita untuk meraih kesuksesan tersebut.

Kesuksesan Jeff Bezos bahkan berdampak baik untuk semua orang. Jeff Bezos secara tak langsung telah membantu banyak orang melalui kesuksesan saham perusahaannya, Amazon. Telah banyak cerita orang sukses karena memeroleh keuntungan besar dari berinvestasi di saham Amazon. 

Nah, apakah Anda termasuk orang yang juga ingin sukses melalui saham Amazon? Segera tentukan pilihan Anda sekarang! PT Mentari Mulia Berjangka membuka peluang untuk Anda yang juga ingin sukses melalui investasi di saham Amazon dengan Contract for Difference. Yuk ambil kesempatan emas ini sekarang! Silakan klik di sini.