Edukasi Menemukan Entri dengan Analisis Fibonacci

Menemukan Entri dengan Analisis Fibonacci

20-04-2022Penulis: Adi Kurniawan

Analisis Fibonacci adalah analisis klasik di antara banyaknya analisis teknis, dan digunakan oleh trader dari semua tingkatan di seluruh dunia. Analisis Fibonacci pada dasarnya didasarkan pada penggunaan rasio yang mendukung urutan angka Fibonacci, untuk mengidentifikasi tingkat harga utama di pasar. Bentuk analisis yang paling banyak digunakan adalah Fibonacci retracement dan Fibonacci extensions. Untuk lebih jelasnya, yuk simak!

Fibonacci Retracement

Fibonacci retracement adalah alat yang sangat baik digunakan untuk membantu trader mengidentifikasi level support dan resistance. Alat ini hadir sebagai standar pada platform MT5 dan membantu trader mengukur perubahan harga dan mengidentifikasi level kunci dalam ayunan harga tersebut, yang mungkin berfungsi sebagai titik balik jika diuji ulang.

Level kunci Fibonacci adalah:

23,6%, 38,2%, 50%, 61,8%, 78,6% dan 100%.

Pada gambar di atas Anda dapat melihat bahwa kami telah menerapkan alat Fibonacci retracement ke ayunan harga bearish dari titik A ke titik B. Begitu harga mulai memantul dari titik B, kita akan menerapkan alat Fibonacci retracement yang mengukur dari atas ayunan ke bawah (dan sebaliknya untuk pergerakan bullish).

Alat ini kemudian memplot level Fibonacci utama kami untuk dipantau. Seperti yang Anda lihat, harga awalnya berbalik dari 50% sebelum naik lebih tinggi untuk menguji level 61,8%, yang pada akhirnya  kembali menurunkan harga.

Ini adalah contoh jelas dari cara dasar yang dapat kita lihat untuk menggunakan Fibonacci retracement. Ini bisa sangat membantu di pasar yang sedang tren, membantu kita masuk saat pasar terkoreksi.

Pertemuan Fibonacci dan Trendline

Anda dapat melihat pada gambar di atas bahwa grafik di atas memiliki pertemuan di level Fibonacci 61,8% dengan resistensi garis tren yang juga masuk pada level itu juga. Ini menunjukkan bahwa level tersebut akan menjadi level terkuat untuk diperdagangkan.

Fibonacci Extension

Fibonacci Extension adalah alat analisis klasik lainnya. Kali ini, kami mengukur ayunan harga tetapi alih-alih mencari level dalam pergerakan yang dapat berfungsi sebagai titik balik jika diuji ulang, ekstensi fibonacci melihat level yang diproyeksikan, yang belum diuji tetapi dapat berfungsi sebagai titik balik jika memang demikian.

Level Fibonacci Extension utama adalah

127%, 161,8% 200%

Pada contoh di atas, Anda dapat melihat bahwa kami mengukur ayunan harga bearish kami dari atas ke bawah (sebaliknya untuk pergerakan bullish) dan kali ini alat tersebut memplot level di bawah titik terendah swing point. Pada titik C Anda dapat melihat apa yang terjadi ketika harga bertemu dengan ekstensi 127%, harga berbalik dan diperdagangkan lebih tinggi.

Seperti fibonacci retracement, kita dapat melihat untuk mengidentifikasi pertemuan pada level-level Fibonacci utama untuk membantu kita mengidentifikasi level yang lebih kuat untuk diperdagangkan.

Sementara Fibonacci retracement membantu kita untuk mengidentifikasi titik koreksi di pasar yang sedang tren, Fibonacci Extension dapat berguna untuk mengidentifikasi zona pembalikan tren potensial, dan juga dapat digunakan sebagai alat untuk menetapkan target keuntungan.

Level Fibonacci dapat memberi kita titik masuk yang kuat untuk pergerakan kunci. Alat ini mudah digunakan. Keindahan metode analisis teknis ini adalah bahwa metode ini benar-benar melengkapi bentuk lain seperti support & resistance, indikator, price action, dan merupakan cara serbaguna untuk mendekati pasar.

Nah, itulah sekilas pembahasan mengenai analisis menggunakan fibonacci. Bagi Anda yang masih kesulitan tentang trading, jangan ragu menghubungi mentor profesional Mentari Mulia Berjangka. Para profesional kami selalu siap memberikan bimbingan dan edukasi dengan sepenuh hati. Selain itu, juga terdapat sinyal trading harian dari para analis internasional. Yuk gabung bersama kami sekarang dengan klik di sini.