Edukasi Produk Derivatif Menjadi Alternatif Investasi...

Produk Derivatif Menjadi Alternatif Investasi di Masa Pandemi

16-06-2021Penulis: Adi Kurniawan

business-team-investment-entrepreneur-trading-discussing-analysis-graph-stock-1-scaled

Di masa pandemi seperti ini adalah saat yang tepat untuk mulai mempersenjatai diri dengan investasi. Investasi sangat berguna untuk mempersiapkan diri dari kemungkinan-kemungkinan terburuk di masa yang akan datang. Namun, Anda sebaiknya juga harus selektif memilih instrumen investasi di masa pandemi. Pilihlah jenis instrumen investasi yang terkenal dengan ketahanannya di masa pandemi. Instrumen investasi apakah itu? Yuk simak artikel di bawah ini!

Derivatif: Investasi di Masa Pandemi yang Tahan Banting

Meski dilanda pandemi, investasi pada produk derivatif mengalami peningkatan yang cukup  signifikan. PT Kliring Berjangka Indonesia (Persero) menyebutkan bahwa transaksi derivatif mengalami peningkatan sebesar 40 persen pada triwulan pertama 2020.

Direktur Utama PT Kliring Berjangka Indonesia (Persero) Fajar Wibhiyadi mengatakan bahwa pertumbuhan yang pesat pada produk derivatif pada Triwulan I tahun 2020 ini sangat mengejutkan sekaligus menggembirakan, mengingat beriringan dengan kasus pandemi yang sedang gencar-gencarnya melanda seluruh dunia.

“Pertumbuhan positif di perdagangan derivatif selama masa pandemi ini, tentunya sebuah hal yang menggembirakan. Di tengah Indonesia dilanda wabah Covid-19 saat ini, investasi derivatif masih diminati para investor. Ini membuktikan bahwa perdagangan derivatif cukup tahan terhadap guncangan ekonomi, baik nasional maupun global”, ujar Fajar Wibhiyadi, yang dikutip dari Antara News.

Selain itu, data dari Jakarta Futures Exchange (JFX) juga membukukan peningkatan volume transaksi multilateral dan bilateral sebesar 9,4 juta lot. Peningkatan ini memecahkan rekor yang dicapai pada tahun 2011, yaitu sebesar 7,58 juta lot. 

Mengalami Peningkatan dari Tahun ke Tahun

Direktur Utama PT Bursa Berjangka Jakarta (BBJ), Stephanus Paulus Lumintang mengatakan bahwa peluang investasi derivatif mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Terlebih, peningkatan di masa pandemi ini membuktikan bahwa derivatif merupakan investasi yang tahan banting. Peningkatan ini terjadi karena volatilitas harga yang besar dan imbal hasil yang dinilai sangat menguntungkan.

“Peluang investasi di derivatif ini mengalami peningkatan dan tidak terpengaruh oleh pandemi”, ujar Stephanus Paulus Lumintang, dikutip dari Berita Satu.

Paulus juga menjelaskan bahwa  pertumbuhan volume transaksi itu juga tidak luput dari meningkatnya kesadaran investor untuk memilih aset investasi alternatif, perdagangan berjangka derivatif. Dengan meningkatnya volatilitas ini, Paulus mengimbau bahwa ini merupakan kesempatan emas bagi masyarakat untuk berinvestasi dan meraup keuntungan di perdagangan derivatif, daripada harus berinvestasi di industri dan instrumen lainnya. 

Tak hanya itu saja, Fajar Wibhiyadi, selalu Direktur Utama Bursa Berjangka Indonesia juga optimis investasi derivatif akan terus tumbuh pada tahun-tahun berikutnya. Mengingat, di situasi ekonomi yang sedang tidak stabil pun dapat mengalami perkembangan. Oleh karena itu, Fajar menilai ke depannya apabila ekonomi kembali kondusif, besar kemungkinan pertumbuhan akan lebih baik.

Alasan Derivatif Ramai Peminat di Masa Pandemi

Fajar Wibhiyadi menyebutkan bahwa kenaikan pada investasi derivatif ini antara lain karena volatilitas harga emas yang membuat pelaku pasar lebih bergairah dalam melakukan transaksi. Kondisi pasar saham dan jenis instrumen investasi lain yang anjlok, juga merupakan alasan beberapa investor mengalihkan investasi ke produk derivatif.

Hal tersebut bukanlah tanpa alasan, melainkan karena pada produk derivatif, investor dapat memeroleh keuntungan dua arah, baik ketika harga sedang mengalami penurunan atau kenaikan. Potensi keuntungan dua arah inilah yang menjadi daya tarik kuat para investor, sehingga para investor menganggap derivatif merupakan lindung nilai di masa pandemi ini.

Langkah BAPPEBTI 

Seiring dengan peningkatannya dan ketahanannya terhadap pandemi, Sidharta Utama, selaku Kepala Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI) mengatakan bahwa pihaknya akan terus memantau bursa berjangka dari sisi regulasi.

Pihaknya akan terus berusaha menjaga regulasi dengan ketat agar pasar berjangka semakin meningkatkan perlindungan terhadap investor seiring dengan menjamurnya lembaga perdagangan berjangka ilegal.

Sidharta juga menambahkan bahwa BAPPEBTI juga akan terus gencar berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk meningkatkan literasi dan pengetahuan kepada masyarakat mengenai industri ini, sehingga masyarakat dapat lebih “melek” investasi, terutama berinvestasi di produk derivatif. 

Selain itu, Bappebti juga akan mendorong pelaku pasar seperti BBJ untuk menjalin aliansi dengan bursa berjangka di luar negeri. Langkah ini dinilai dapat meningkatkan kepercayaan dan kredibilitas terhadap bursa berjangka Indonesia. 

Bagaimana Caranya Berinvestasi Derivatif?

Di masa yang serba canggih seperti sekarang ini, semuanya dapat dengan mudah diakses melalui teknologi. Begitu pun dengan investasi, investasi kini dapat dengan mudah dilakukan hanya dengan menggerakkan jari-jari tangan pada layar smartphone.

Namun, dengan segala kemudahannya, usahakan untuk memilih tujuan investasi Anda dengan bijak. Pastikan tujuan investasi Anda memiliki kredibilitas dan legalitas yang jelas. Hal tersebut guna untuk menghindari segala bentuk penipuan yang mungkin saja bisa terjadi.

Dalam hal ini, PT Mentari Mulia Berjangka merupakan tujuan investasi yang tepat untuk Anda. Kami telah memiliki legalitas resmi di Indonesia dan beragam kerja sama internasional dengan badan-badan yang kredibel. Terdapat berbagai macam produk derivatif yang dapat Anda transaksikan, seperti emas, forex, indeks, dan puluhan saham CFD.

Selain itu, kami juga selalu memberikan informasi dan analisis pasar di setiap harinya, yang diberikan langsung oleh analis profesional kami dari berbagai negara. Terdapat juga konsultan profesional yang selalu siap memberikan bimbingan untuk Anda. Untuk itu, tunggu apalagi? Segera berinvestasi derivatif bersama Mentari Mulia sekarang. Untuk daftar, silakan klik di sini!