Edukasi Raksasa Telekomunikasi Verizon Incaran Buffet...

Raksasa Telekomunikasi Verizon Incaran Buffet di 2021, Tujuan Tepat Berinvestasi?

23-04-2021Penulis: Adi Kurniawan

Verizon Communications merupakan perusahaan internasional dalam bidang telekomunikasi yang berpusat di New York, Amerika Serikat. Perusahaan ini didirikan pada tahun 2000 dengan penggabungan Vodafone Airtouch, Bell Atlantic, dan GTE.

Perusahaan raksasa ini merupakan pemimpin dalam memberikan inovasi di bidang komunikasi, mobilitas, informasi dan hiburan. Verizon menyediakan broadband unggul, video dan layanan nirkabel pada konsumen, bidang bisnis, pemerintahan dan pelanggan dari seluruh dunia.

Verizon menggunakan sumber daya teknologi dan filantropis untuk memenuhi kebutuhan sosial dan lingkungan yang belum terpenuhi di dunia. Dalam proses ini, perusahaan ini berkomitmen akan selalu membuka pasar baru, mendorong pertumbuhan dan memperkuat peran penting Verizon di dunia digital.

Pada tahun 2016, perusahaan ini membuat langkah mengejutkan ketika merilis sebuah siaran pers yang isinya menyatakan bahwa pihaknya sudah mencapai kesepakatan untuk mengakuisisi bisnis internet utama Yahoo! senilai US$ 4,83 miliar atau setara dengan Rp 62,8 triliun.

Akuisisi ini menurut Verizon akan memperkuat bisnis AOL yang sebelumnya sudah mereka caplok pada tahun sebelumnya dengan nilai yang juga fantastis. Jika digabungkan, maka Verizon akan menjelma menjadi salah satu perusahaan dengan portofolio terbesar dengan lebih dari 25 brand dan akan terus tumbuh seiring dengan ekspansi serta investasi.

Sebagai gambaran, Verizon punya Huffington Post milik AOL dan setelah proses akuisisi selesai, mereka dapat menggabungkannya dengan Yahoo Finance. Keduanya akan  menjelma menjadi satu entitas yang berpotensi menyaingi Google dan Facebook.

Yahoo! merupakan salah satu perusahaan pelopor yang berjasa memperkenalkan internet kepada dunia. Aset kunci Yahoo! dinilai terletak pada beberapa kategori, yaitu berita, keuangan, olahraga dan layanan email yang sampai hari ini tercatat masih mempunyai lebih dari 250 juta pengguna setia yang aktif setiap bulannya. Sebagian besar aset tersebut didapatkan oleh Verizon dengan mahar kurang dari $5 miliar.

Saham Verizon

Kesuksesan Verizon juga berdampak langsung pada pergerakan harga sahamnya. Saham Verizon merupakan salah satu saham yang menjadi incaran para investor. Investor kawakan, Warren Buffet pun tak ingin ketinggalan meraih pundi-pundi uang dari saham Verizon tersebut.

Pada Februari lalu, Dow Jones Industrial Average naik dalam perdagangan dan mencapai rekor baru. Kenaikan ini didorong dengan lonjakan yang kuat dari saham Verizon. Saham Verizon menguat signifikan setelah perusahaan Warren Buffett, Berkshire Hathaway, mengungkapkan kepemilikan saham cukup besar di raksasa telekomunikasi itu.

Berkshire telah mulai berinvestasi di Verizon pada tahun 2020 dan telah mendapatkan izin Komisi Sekuritas dan Bursa AS untuk menunda mengungkapkan sahamnya. Investasi besar tersebut terungkap dalam keterbukaan informasi yang merinci kepemilikan saham Berkshire per 31 Desember 2020.

Saham verizon langsung melonjak naik 5,2% setelah perusahaan milik investor ternama Warren Buffett, Berkshire Hathaway Inc, mengumumkan telah membeli saham di perusahaan telekomunikasi Verizon senilai US $ 8,6 miliar atau setara dengan Rp. 120 triliun (kurs Rp 14.000).

Pembelian yang dilakukan Buffet atas saham Verizon ini bukanlah yang pertama kali. Pada tahun 2014, perusahaan Warren Buffett juga pernah membeli saham Verizon Communication Inc setelah perusahaan telekomunikasi itu membeli perusahaan wireless terbesar di Amerika Serikat, yaitu Vodafone Group Plc.

Pada saat itu, nilai investasi Buffet terhadap saham Verizon mencapai sekitar US$ 530 juta. Pembelian ini dilakukan setelah Verizon mengakuisisi saham Verizon Wireless dari tangan Vodafone Group Plc sebesar US$ 130 miliar.

“Verizon mempunyai dividen yang menarik dan posisi yang patut ditiru dalam pasar nirkabel. Hal ini sebagai pengimbang yang bagus bagi investor dalam pasar yang bergejolak”, ujar analis Roe Equity Research, Kevin Roe. Perusahaan raksasa telekomunikasi ini menduduki peringkat ke-24 dalam pembayaran dividen terbesar berdasarkan Indeks Standard & Poor’s 500.

Pembelian saham Verizon yang dilakukan Buffet beberapa bulan lalu bukanlah tanpa alasan. Seperti yang kita ketahui bahwa investor kawakan ini terkenal dengan analisisnya yang luar biasa dalam mencari peluang. Buffet juga dikenal sebagai investor jangka panjang.

Salah satu indikator Buffet membeli saham Verizon adalah karena Verizon merupakan bisnis dengan margin tinggi. Margin rata-rata mencapai 35% dalam 5 tahun terakhir dengan pengembalian ekuitas sebesar 30% sejak 2018.

Selain itu, di tengah pandemi covid-19, Verizon juga telah membuktikan bahwa keadaan bisnisnya tetap stabil. Hal ini dikarenakan kebutuhan akan alat telekomunikasi telah menjarah orang-orang di berbagai belahan dunia.

Bagaimana Cara Trading Saham Verizon?

“Duh jadi ingin investasi di saham Verizon agar dapat kebagian profit dari kesuksesannya di tahun ini. Tapi bingung mau investasi dimana”

Sekarang tak perlu khawatir lagi! PT Mentari Mulia Berjangka menyediakan untuk Anda yang ingin trading saham-saham internasional loh, termasuk Verizon!

Anda dapat mulai investasi saham Verizon bersama kami dengan Contracts for Difference (CFD) yang memiliki banyak sekali keunggulan. Tentunya, Contracts for DIfference (CFD) ini berpatokan langsung dengan pergerakan harga saham Verizon.

“Tapi saya takut kalau harganya sudah tinggi dan suatu saat nanti mengalami penurunan”

Tenang saja! Dengan adanya Contracts for Difference (CFD) memungkinkan Anda untuk mendapatkan potensi keuntungan dua arah, baik ketika harga sedang mengalami kenaikan, maupun ketika harga sedang mengalami penurunan.

Dengan adanya keuntungan dua arah, Anda dapat menjadikan CFD ini sebagai sarana lindung nilai. Selain itu, dalam CFD juga terdapat sistem leverage yang memungkinkan Anda untuk bertransaksi dengan potensi keuntungan yang lebih besar dari modal yang Anda miliki.

Tak hanya itu saja, kami juga memiliki para konsultan profesional yang siap memberikan bimbingan, serta analis internasional yang siap memberikan pelatihan dan analisis-analisis pasar. Yuk mulai trading saham Verizon bersama kami! Tentukan jalan kesuksesan Anda bersama kami sekarang!

Sumber foto: cnbc.com