fbpx

Edukasi Strategi Investasi Warren Buffet yang...

Strategi Investasi Warren Buffet yang Dapat Membuat Anda Sukses

10-06-2021Penulis: Adi Kurniawan

Siapa yang tak mengenal Warren Buffet? Orang yang memiliki julukan “Oracle of Amaha” atau “Sang Peramal dari Omaha” ini merupakan investor saham kawakan yang telah terkenal kesuksesannya. Sosoknya telah menjadi inspirasi banyak investor di seluruh dunia. Tak sedikit juga yang mencari rahasia atau strategi investasi Warren Buffet agar juga dapat sukses seperti dirinya. Nah, berikut strategi investasi Warren Buffet yang mungkin dapat Anda jadikan pedoman untuk meraih kesuksesan. Yuk simak!

Cari yang Akan Bertahan Lama

Warren Buffet memiliki prinsip untuk selalu melakukan riset terlebih dahulu sebelum memilih tujuan investasi. Buffet akan memilih jenis investasi yang dapat bertahan lama. Menurutnya, sebaiknya jangan buang-buang waktu kita untuk berinvestasi pada instrumen investasi musiman.

Berinvestasi pada suatu instrumen yang sedang booming hanya akan memberikan keuntungan sesaat, atau bahkan bisa menyebabkan kerugian besar dalam waktu yang singkat. Menurut Buffet, berinvestasi pada instrumen investasi yang sedang booming dapat berpotensi menyebabkan bubble.

Oleh karena itu, jika ingin mendapatkan keuntungan yang berkelanjutan, Buffet menyarankan untuk memilih investasi yang terkenal tahan lama. Dikutip dari Mootley Fool, Warren Buffett lebih memilih berinvestasi di saham perusahaan teknologi, gas, dan coca cola. Ketiga sektor ini telah terbukti terus menghasilkan keuntungan untuk jangka panjang.

Riset Perusahaannya

Dalam berinvestasi saham, Warren Buffett selalu menekankan agar investor melakukan background check sebelum memutuskan untuk berinvestasi pada suatu perusahaan. Dengan melakukan background check, investor dapat mengetahui rekam jejak dan prospek perusahaan tersebut.

Sebaiknya jangan berspekulasi dengan menilai “harga saham yang tinggi merupakan saham yang memiliki prospek bagus”. Hal tersebut dikarenakan indikator saham yang bagus tidak ditentukan berdasarkan tinggi rendahnya harga saham tersebut. Jadi, nilai saham yang rendah belum tentu tidak memiliki prospek yang bagus.

Oleh karena itu, sebagai investor sangat penting untuk melakukan riset terlebih dahulu sebelum memutuskan berinvestasi saham pada suatu perusahaan. Riset tersebut bisa dilakukan mulai dari mencari latar belakang perusahaan, produk-produk yang dihasilkan, pergerakan harga saham tiap tahunnya, dan masih banyak lagi faktor-faktor lainnya.

Jangan FOMO!

Dalam berinvestasi, Buffet berpesan kepada para investor untuk menghindari sikap FOMO (Fear of Missing Out) atau takut ketinggalan momen. Sikap ini memiliki potensi risiko kerugian yang besar. Dalam pasar, banyak sekali momen-momen yang dapat dimanfaatkan di setiap harinya. Jadi, jangan sampai Anda berinvestasi hanya karena alasan hype semata.

Salah satu kutipan Buffet yang dapat menjadi pesan untuk para investor adalah “takutlah ketika orang lain serakah dan serakahlah ketika orang lain takut”. Kutipan tersebut memiliki arti bahwa dalam berinvestasi, Warren Buffet selalu memiliki prinsip untuk  membeli saham saat banyak investor yang justru takut dan menjual saham mereka.

Tentunya tindakan ini juga harus didasarkan atas riset yang baik. Prinsip Buffet ini juga telah terbukti dari keuntungan yang diperoleh Buffett pada saham-saham ternama.

Pilih Instrumen Investasi yang Tepat

Menurut Buffet, juga sangat penting untuk memilih instrumen yang tepat sebelum memutuskan berinvestasi. Terlebih, di masa pandemi ini, tentunya dibutuhkan sikap selektif yang ekstra agar instrumen investasi yang Anda pilih bisa bertahan dalam kondisi pandemi ini.

Jika Anda bingung memilih instrumen investasi yang cocok di masa pandemi, produk derivatif merupakan pilihan yang tepat. Produk derivatif telah terkenal dengan ketahanannya di masa-masa krisis. Hal tersebut juga selaras dengan yang dikatakan oleh Fajar Wibhiyadi, selaku Direktur Utama PT Kliring Berjangka Indonesia:

“Di tengah Indonesia dilanda wabah Covid-19 saat ini, investasi di Kontrak Berjangka masih diminati para investor. Ini membuktikan, bahwa perdagangan berjangka komoditi cukup tahan terhadap guncangan ekonomi, baik nasional maupun global”, ujar Fajar Wibhiyadi, yang dikutip dari warta ekonomi.

Produk derivatif dapat bertahan di tengah pandemi karena manfaat dari keuntungan dua arahnya, yang memungkinkan Anda untuk mendapatkan keuntungan ketika harga suatu produk sedang naik, maupun sedang turun.

PT Mentari Mulia Berjangka menyediakan berbagai macam produk derivatif seperti forex, emas, indeks saham, dan lebih dari 50 saham CFD internasional yang dapat Anda manfaatkan untuk memeroleh keuntungan di pasar.

Tak hanya itu saja, PT Mentari Mulia Berjangka juga memiliki analis profesional dari berbagai negara yang siap memberikan bimbingan atau analisis pasar harian kepada Anda di setiap harinya. Oleh karena itu, tunggu apa lagi? Segera berinvestasi dengan aman dan nyaman bersama kami sekarang! Silakan klik di sini.

Sumber gambar: Investor.id