Edukasi Tips Trading dengan Kalender Ekonomi

Tips Trading dengan Kalender Ekonomi

25-06-2021Penulis: Adi Kurniawan

Dalam trading, kesuksesan dapat diraih karena ketepatan analisis yang diperoleh dari usaha keras untuk belajar. Untuk mendukung ketepatan analisis, biasanya seorang trader akan memanfaatkan salah satu senjata trading, yaitu kalender ekonomi. Nah, di bawah ini akan dibahas mengenai tips trading dengan kalender ekonomi. Yuk simak!

Sekilas Tentang Kalender Ekonomi

Kalender ekonomi merupakan senjata trading yang berguna untuk memantau jadwal rilis berita-berita fundamental, konferensi pers, serta agenda-agenda penting lainnya. Informasi-informasi tersebut tentunya akan sangat berguna untuk menganalisis prospek pergerakan nilai suatu mata uang atau instrumen investasi.

Trader yang memanfaatkan kalender ekonomi ini biasanya merupakan trader yang memiliki gaya news trading. Namun, tidak menutup kemungkinan trader berbasis teknikal juga memanfaatkan tools ini agar analisisnya memiliki potensi keakuratan yang lebih besar.

Untuk Anda yang baru ingin mempelajari cara menggunakan kalender ekonomi, di bawah ini akan dijelaskan mengenai tips trading dengan kalender ekonomi yang mungkin dapat kamu praktikkan. Yuk simak pembahasan berikut ini!

Selektif Memilih Kalender Ekonomi

Tips pertama untuk menggunakan kalender ekonomi adalah dengan selektif memilihnya. Pilihlah kalender ekonomi yang mudah dipahami. Hal ini sangat penting karena kita akan menggunakannya sebagai alat untuk membantu kita dalam menganalisis pasar.

Ada banyak website yang menyajikan kalender ekonomi secara gratis. Namun, PT Mentari Mulia Berjangka memiliki kalender ekonomi yang sederhana dan mudah untuk dipahami. Anda dapat melihatnya dengan klik di sini!

Pelajari Istilah-istilah Fundamental

Kalender ekonomi akan menampilkan jadwal rilis berita-berita ekonomi seperti pengumuman bank sentral, pidato pejabat bank sentral, atau event-event besar lain yang dapat memengaruhi nilai mata uang suatu negara.

Di dalam informasi-informasi tersebut, sebagian dari kita mungkin ada yang belum memahami mengenai istilah-istilah yang terkandung di dalamnya, seperti misalnya apa itu Non-farm payroll? Atau apa itu Consumer Confidence Index? dan masih banyak lagi.

Oleh karena itu, pelajarilah terlebih dahulu mengenai istilah-istilah tersebut. Sebaiknya jangan menebak-nebak dengan hanya berlandaskan alih bahasa dari bahasa inggris ke bahasa Indonesia.  Tips paling mudah ialah untuk mencarinya di internet terlebih dahulu.

Pahami Hal Teknis

Tips trading memanfaatkan kalender ekonomi berikutnya adalah memahami hal-hal teknis seperti, kapan berita rilis dan apa dampaknya terhadap pasar. Hal ini sangat menentukan untuk pengambilan keputusan trading.

Anda sebaiknya memerhatikan tanggal, hari, dan waktu pada kalender ekonomi yang dapat dimanfaatkan. Biasanya, kalender ekonomi akan mengikuti waktu pasar Amerika atau Eropa. Oleh karena itu, pastikan Anda menyesuaikan dengan waktu Indonesia, yaitu GMT+7.

Jika sudah mengetahui waktunya, hal selanjutnya yang sebaiknya diperhatikan adalah dampaknya terhadap pasar. Jika dilihat dari dampaknya, secara garis besar dampak berita fundamental dibagi menjadi tiga jenis, yaitu:

Low impact (dampak rendah), seperti contohnya: Rightmove HPI m/m, Empire State Manufacturing Index, GDT Price Index, dan lain-lain

Medium Impact (dampak menengah), seperti contohnya: Average Earnings Index 3m/y, Common CPI y/y, New Loans, dan lain-lain

High Impact (dampak tinggi), seperti contohnya: Monetary Policy Meeting Minutes, FOMC, Employment Change, US Non Farm Payroll, dan lain-lain.

Umumnya para trader memanfaatkan rilis berita yang memiliki dampak tinggi. Berita dampak tinggi dapat menggerakkan sentimen pasar dan berpotensi mengakibatkan terjadinya lonjakan pergerakan harga secara signifikan. Berita-berita yang memiliki dampak tinggi di kalender ekonomi biasanya disimbolkan dengan warna merah.

Pahami Tentang Forecast, Actual, dan Previous

Kolom forecast adalah estimasi atau perkiraan hasil data, kolom actual adalah fakta di lapangan, sedangkan kolom previous adalah rilis data sebelumnya. Jika nilai actual yang dirilis lebih baik dari forecast, biasanya akan berdampak pada penguatan pair mata uang terkait.

Begitu juga sebaliknya, bila hasil actual lebih buruk dibandingkan dengan forecast, maka akan berdampak pada pelemahan mata uang terkait. Namun, hal ini tidaklah bersifat mutlak. Kita juga harus mempertimbangkan data-data ekonomi lain yang juga dapat memengaruhi nilai suatu mata uang di negara tertentu.

Selain itu, masih ada faktor-faktor lain yang juga dapat mempengaruhi pergerakan harga di pasar finansial, seperti peristiwa black swan, yaitu peristiwa-peristiwa tak terduga yang terjadi di pasar, seperti bencana alam, perang, dan lain sebagainya.

Nah, itulah pembahasan mengenai tips trading dengan kalender ekonomi yang mungkin dapat Anda pelajari. Perlu diingat, meskipun Anda merupakan tipe trader berbasis fundamental, tak ada salahnya juga Anda tetap memerhatikan indikator teknikal sebagai alat bantu, begitu pun sebaliknya.

Namun, jika Anda masih merasa kesulitan untuk memahami mengenai fundamental dan teknikal, tak perlu khawatir! Segera konsultasikan dengan profesional kami. Konsultan profesional kami siap memberikan bimbingan dan pelayanan terbaik. Untuk itu, segera bergabung bersama kami dan tentukan jalan kesuksesan Anda sekarang! Untuk buka akun, silakan klik di sini!