fbpx

Edukasi Waspadalah dengan “Kotak Pandora” Trading,...

Waspadalah dengan “Kotak Pandora” Trading, Apa Maksudnya?

10-05-2022Penulis: Adi Kurniawan

Dalam Mitologi Yunani, “kotak” Pandora sebenarnya adalah toples besar yang diberikan kepada Pandora (wanita pertama di Bumi), yang berisi semua kejahatan dunia. Pandora membuka toples dan semua kejahatan terbang keluar, hanya menyisakan “harapan” di dalam setelah dia menutupnya lagi. Apa kaitannya dengan trading? Yuk simak!

“Kotak Pandora” Trading

Saat ini, frasa “buka kotak Pandora” berarti melakukan tindakan yang mungkin tampak kecil atau tidak bersalah, tetapi ternyata memiliki konsekuensi negatif yang sangat merugikan dan berjangkauan luas. Kotak pandora dapat dijadikan suatu metafora trading yang memiliki pelajaran berharga.  

Kadang-kadang, tindakan bahkan pemikiran atau ide yang kita miliki mengenai trading mungkin tampak kecil dan polos tetapi membawa bencana. Pernahkah Anda mengikuti rutinitas trading Anda, melakukannya dengan baik, tetapi kemudian Anda mengambil satu posisi trading yang keluar jalur dan Anda lepas kendali? 

Dalam trading, kita terus-menerus berjuang melawan godaan untuk trading terlalu banyak, terlalu banyak mengambil risiko, membuat keputusan yang salah, mendengarkan ‘guru’ yang salah dan hanya satu kesalahan kecil saja dapat merusak kerja keras selama berbulan-bulan atau bertahun-tahun.

Sederhananya, sebagai trader, kita bergulat setiap hari dengan konsekuensi yang berpotensi membawa bencana dari membuka “kotak Pandora” kesalahan trading. Seperti yang dikatakan mitos Yunani, begitu Pandora membuka kotak itu, semua kejahatan dilepaskan dan hanya harapan yang tersisa. 

Hal ini juga berlaku dalam trading; setelah Anda keluar jalur, itu benar-benar membawa Anda ke jalan godaan yang sering mengakibatkan kesalahan trading yang lebih buruk sampai meledakkan akun Anda dan hanya tersisa harapan untuk menghasilkan uang. 

Cara terbaik untuk mencapai kesuksesan trading adalah dengan memastikan Anda tidak pernah membuka “kotak Pandora”. Langkah pertama untuk mencapainya adalah dengan mengetahui semua cara di mana kotak ini dapat dibuka secara tidak sengaja.

Berikut adalah 2 hal umum yang menyebabkan “kotak pandora” trading dibuka.  

Trading Berlebihan

Over-trading mungkin musuh bebuyutan semua trader. Over trading adalah kesalahan yang sangat cepat menyebabkan kegagalan trading. Mungkin Anda bisa mengabaikan segala trading buruk yang tidak termasuk dari kriteria pengambilan posisi. Dengan begitu, Anda akan disiplin dengan kriteria pengambilan posisi yang telah dibuat sebelumnya.

Tapi sayangnya, kebanyakan orang tidak bisa melakukan ini. Perasaan menyesal muncul, kemudian kemarahan datang, kemudian mereka melompat kembali ke pasar untuk mencoba dan “menghasilkan kembali uang” yang mereka hilangkan pada ‘trading bodoh’ itu. Mereka akhirnya over-trading lebih dan lebih sampai mereka meledakkan akun mereka. 

Risiko Terlalu Banyak

Mempertaruhkan terlalu banyak pada trading, lebih dari yang Anda rasa nyaman untuk kehilangan, adalah cara terbaik untuk membuka kotak pandora trading. Jika Anda mempertaruhkan terlalu banyak di luar kapabilitas Anda,  Anda akan lebih terluka jika mengalami kerugian.

Jika Anda menang, Anda akan menjadi terlalu percaya diri dan mungkin terus mengambil risiko terlalu banyak sampai Anda kalah, mengirim Anda kembali ke pasar untuk mendapatkan uang itu kembali dan mungkin kehilangan lebih banyak lagi.

Anda dapat melihat bagaimana satu langkah yang salah, baik terlalu banyak berdagang atau terlalu banyak mengambil risiko akan memulai efek “lingkaran” dari kesalahan trading yang semakin buruk sampai Anda “meledakkan” akun Anda.

Oleh karena itu, selain psikologi, manajemen risiko dalam trading juga sangat berpengaruh untuk menjaga akun trading bertahan lama, atau bahkan bisa berkembang. Jika Anda masih kesulitan memanajemen risiko dengan baik, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan mentor profesional Mentari Mulia.

Para profesional kami selalu siap memberikan bimbingan dan edukasi dengan sepenuh hati. Selain itu, juga terdapat rekomendasi sinyal trading di setiap harinya dari para analis internasional. Yuk gabung bersama kami sekarang dengan klik di sini.