fbpx

Analisis Harian Data IHK Memandu Arah Pergerakan...

Data IHK Memandu Arah Pergerakan Harga Emas!

10-06-2021Penulis: Guru Ling

Kemarin, harga emas konsolidasi turun secara tipis untuk melanjutkan koreksi. Pada sesi awal, harga emas konsolidasi naik secara tipis hingga mencapai batas resistansi di sekitar 1896. Pada sesi tengah, harga emas konsolidasi turun. Pada sesi akhir, setelah stabil koreksi di sekitar 1887 harga emas kembali menguji naik, namun pengujian ini masih mendapatkan batas resistansi posisi 1900. Pasar akhirnya ditutup pada 1888.4.

Analisis Fundamental:

Perilisan data IHK oleh AS pada awalnya masih disikapi waspada oleh pasar, namun akhirnya dapat diterima pasar karena kenaikan inflasi. Akan tetapi, data yang ditunjukkan oleh AS lebih banyak mengarah pada ketidakstabilan pada pasar tenaga kerja. Oleh karena itu, The Fed memiliki keyakinan untuk terus mempertahankan sikap longgar, beserta dolar AS yang mengalami rebound tipis semalam dan harga emas yang konsolidasi turun secara tipis menunggu panduan dari data IHK.

Analisis Teknikal:

Pada grafik harian, sejak membentuk struktur double bottom di sekitar 1677, kenaikan harga emas secara bersamaan menembus tekanan pada grafik bagian bawah dan akhirnya mengubah pola pergerakan. Setelah itu, karena kurangnya keyakinan untuk tindak lanjut, harga emas kebetulan menggunakan data ADP minggu lalu untuk melanjutkan pergerakan. Ini kemudian berhasil mengonfirmasikan titik pembalikan tekanan pada bagian bawah grafik dan mengalami kenaikan kembali yang menguntungkan. Jika dapat menggunakan peluang ini untuk menembus ke posisi lebih tinggi, maka akan memiliki harapan memadu perubahan arah struktur dan meningkatkan kestabilan.

Pada grafik 4 jam, setelah menembus posisi 1900, harga emas mereda, terutama dengan kurangnya dorongan keyakinan hingga muncul struktur divergence setidaknya 2 kali yang dimana masih belum dapat terjadi koreksi secara efektif, namun koreksi yang ditunggu-tunggu ini akhirnya terjadi karena adanya “panduan” data ADP. Dengan pesatnya harga emas mengonfirmasikan kenaikan di sekitar channel rendah, maka dapat disimpulkan bahwa pergerakan momentum tahap pertama telah terkonfirmasi.

Sementara itu, setelah dirilisnya data Non-Farm Payroll, harga emas mulai bergerak kembali ke posisi 1900 dengan pesat mengikuti ekspektasi naik pasar, hanya saja resistansi dari data inflasi sehingga harga emas bergerak lebih lambat (belum lagi data inflasi Indeks Harga Konsumen yang akan datang dalam minggu ini).

Dari struktur, seperti yang ditulis sebelumnya, struktur dapat berubah ke bagian atas atau bawah: karena harga emas telah selesai mengonfirmasikan penembusan di garis tren, sehingga memiliki dasar untuk menguji kenaikan. Demikian, koreksi channel saat ini dapat dianggap sebagai akumulasi dan akan lebih bagus jika mendapatkan bantuan dari data, karena akan membentuk tindak lanjut yang lebih pesat.

Namun, disaat bersamaan juga terdapat kemungkinan penembusan karena pesatnya perubahan posisi garis tren. Jika terjadi penembusan, tidak berarti munculnya kembali tren, namun akan lebih banyak terjadi koreksi pada kurangnya dorongan keyakinan ke posisi lebih tinggi, lain kata, kekurangan pada posisi harga harus di koreksi. Saat ini, koreksi harga emas pada middle band grafik 4 jam masih tidak pasti, sehingga para investor disarankan agar tetap sabar dan menunggu harga emas mengonfirmasikan arah yang jelas sebelum menindaklanjuti!

Strategi Investasi Malam:

Berhati-hatilah ketika berinvestasi di malam hari dan ambil posisi Beli (Buy) di harga rendah. Ambil posisi Beli (Buy) di 1864.0-1870.0, terapkan stop loss di 1859.0, target di 1878.0-1888.0, level resistansi: 1903.0, level support: 1865.0.

Data Penting Malam Ini

19:45  Keputusan Suku Bunga Bank Sentral Eropa Bulan Juni

20:30  Ketua Bank Sentral Eropa, Christine Lagarde Mengadakan Konferensi Pers

20:30  Klaim Tunjangan Pengangguran Awal AS Hingga 5 Juni

20:30  Indeks Harga Konsumen (Tahunan) AS Bulan Mei

20:30  Indeks Harga Konsumen Inti (Tahunan) AS Bulan Mei

02:00 [dini hari] Anggaran Belanja (Bulanan) Saham AS Bulan Mei

(TBC) OPEC Mengumumkan Laporan Pasar Minyak Mentah (Bulanan)

Catatan

Ulasan malam hari ini berlaku selama waktu sistem GMT 09:30-20:00 (HKT17:30-04:00)