fbpx

Analisis Harian Emas Turun Tajam Sebesar $30...

Emas Turun Tajam Sebesar $30 Setelah Komentar Powell

27-01-2022Penulis: Guru Liu

Menurut situs ‘Paper Gold of China’, jumlah perdagangan pada bursa pertukaran emas terbesar di dunia, Exchange Traded Fund (ETF), terhitung tanggal 27 Januari adalah 1.013,1 ton, setara dibandingkan hari sebelumnya, dan tercatat penurunan bersih sebesar 37,44 ton pada bulan lalu.

Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) memberikan pernyataan pada pertemuan penetapan kebijakan pertama pada tahun 2022: “Dengan inflasi lebih tinggi di atas 2% dan pasar tenaga kerja yang kuat, komite mengharapkan bahwa kenaikan suku bunga AS akan menjadi pilihan yang tepat dalam waktu singkat.

The Fed mempertahankan suku bunga mendekati level nol, akan tetapi menegaskan kembali komitmennya untuk keluar dari kebijakan moneter pelonggaran QE selama pandemi di tengah kenaikan harga barang dengan laju yang cepat.

Selanjutnya, Ketua Fed Powell secara pribadi mengakui pada konferensi pers setelah keputusan suku bunga bahwa Fed rencana menaikkan suku bunga pada pertemuan bulan Maret. Pada saat yang sama, beliau menunjukan bahwa masih ada banyak ruang untuk menaikkan suku bunga tanpa mengancam pasar tenaga kerja, dan tidak mengesampingkan ada kemungkinan untuk menaikkan suku bunga pada setiap pertemuan FOMC.

Selain menaikkan suku bunga, The Fed juga telah menempatkan pengurangan neraca sebagai alat cadangan. Powell mengatakan pengurangan neraca akan dimulai setelah kenaikan suku bunga. Namun, beliau mengatakan bahwa dalam bank sentral masih belum membuat keputusan tentang jadwal dan laju pengurangan neraca.

Hal tersebut telah memicu imbal hasil obligasi dan dolar AS meningkat, dan mengurangi daya tarik untuk permintaan emas yang tidak memberikan imbal hasil. Harga emas melonjak sebesar 1,57% pada hari Rabu, sempat mencapai level tertinggi diangka $1.849,92 pada perdagangan harian, kemudian emas spot ditutup pada $1.819,35 per ons.

Strategi Investasi Hari Ini:

Pada grafik harian emas, harga emas berada di support middle band pada Bollinger Band, Stochastic membentuk Death Cross. Pada grafik 4 jam, Bollinger Band harga emas melebar, Stochastic berada di level rendah. Pada grafik 1 jam, Bollinger Band harga emas melebar, Stochastic membentuk Golden Cross. Terdapat konsolidasi koreksi untuk jangka pendek.

Strategi hari ini adalah Beli di harga rendah, disarankan Beli di:1816.9, terapkan stop loss di:1808.9, target di:1823.9, level resistansi:1834.9, level support:1808.9.

Pada grafik harian perak, Bollinger Band harga perak menyempit, Stochastic membentuk Death Cross; Pada grafik 4 jam, Bollinger Band harga perak mengarah ke bawah, Stochastic membentuk Death Cross; Pada grafik 1 jam, Bollinger Band harga perak melebar, Stochastic membentuk Golden Cross. Terdapat konsolidasi koreksi untuk jangka pendek.

Strategi hari ini adalah Beli diharga rendah, disarankan Beli di 23.03-23.44, terapkan stop loss di 22.93, target di 23.54-23.93, level resistansi: 24.38, level support: 22.65.

Informasi dan Acara Penting Hari Ini:                

21:30 Klaim Pengangguran Awal Mingguan AS Hingga Tanggal 22 Januari

21:30 Nilai awal Indeks Harga PDB Inti (QoQ) (TR4) AS

21:30 Harga Belanja Konsumsi Personal Inti (TR4) AS

21:30 Nilai Awal Indeks Pengeluaran Konsumsi Pribadi (PCE) Inti (TR4) AS

21:30 Pemesanan Barang Tahan Lama (MoM) AS Bulan Desember

23:00 Indeks Penjualan Rumah Tertunda (MoM) AS Bulan Desember

Catatan: Informasi rekomendasi operasi hari ini berlaku untuk waktu sistem GMT 02:00-11:00 (HKT10:00-19:00). Untuk rekomendasi operasi pasar malam, pelanggan dapat merujuk pada analisis pasar malam.