fbpx

Analisis Harian EURUSD Jatuh Setelah Pertemuan ECB

EURUSD Jatuh Setelah Pertemuan ECB

23-07-2021Penulis: Thibault Moirez

Bank Sentral Eropa berjanji pada hari Kamis untuk mempertahankan suku bunga rendahnya untuk waktu yang lama, serta untuk mendukung ekonomi zona euro sampai inflasi stabil pada angka 2% secara berkelanjutan. Seperti yang diharapkan, tingkat refinancing tetap berada di angka nol dan tingkat fasilitas deposito di tingkat -0,5%, yang merupakan level terendah yang pernah ada.

Presiden ECB Christine Lagarde menekankan pada konferensi pers bahwa wabah pandemi yang dikaitkan dengan penyebaran cepat varian Delta dari virus korona SARS-CoV-2 menimbulkan risiko bagi pemulihan ekonomi yang telah dimulai di zona euro, dengan mengutip pernyataan “membuat sumber dari segala ketidakpastian berkembang”.

Ketidakpastian ini mendukung keputusan ECB untuk mempertahankan kebijakan moneter yang sangat akomodatif, terutama karena tingkat inflasi tahunan di zona euro turun sedikit di bulan Juni, menjadi 1,9%, setelah mencapai 2% di bulan Mei.

Saat ini, investor mengandalkan normalisasi kebijakan moneter AS yang lebih cepat daripada di Eropa, khususnya berkat kesehatan ekonomi yang lebih kuat di Amerika Serikat.

Secara grafis, EURUSD masih belum bisa mencapai titik tertingginya dan aliran bearish pun juga masih sangat terasa. Sudah jelas bahwa sejak bagian bawah channel dari tren naik bergerak menuju 1,1930, euro telah memperdalam penurunannya. Apalagi, arus buy pada dolar AS membuatnya mencapai level tertinggi sejak Juni 2020.

Untuk saat ini, harga berada di posisi support di 1,1755 tetapi pembeli tampaknya tidak akan maju untuk mempertahankan level ini. Dengan demikian, kami percaya bahwa EURUSD akan melanjutkan penurunannya menuju 1,1710 dalam beberapa hari mendatang.

Dengan tidak adanya sinyal teknis atau katalis bullish, seller berada di atas angin.

Namun, level 1,1710-1,1720 adalah zona support untuk grafik bulanan, jadi rebound kemungkinan akan terjadi pada ambang kunci ini. Pasar seharusnya berpotensi untuk stabil di awal, dan kemudian kembali memulai tren bullish-nya.

Sumber Grafik: Tradingview 22.07.2021