fbpx

Analisis Harian GBPUSD : Pound Menahan Titik...

GBPUSD : Pound Menahan Titik Support di 1.3430

26-01-2022Penulis: Thibault Moirez

Dolar AS bertahan pada hari Selasa di level tertinggi dalam dua minggu terhadap mata uang utama di tengah meningkatnya kekhawatiran tentang percepatan pengetatan kebijakan Federal Reserve dan kemungkinan konflik militer di Ukraina. Dengan latar belakang ini, yen Jepang dan franc Swiss masih diminati.

The Fed telah memulai pertemuan kebijakan selama dua hari, dan investor akan bersemangat untuk mendengar petunjuk tentang waktu kenaikan suku bunga, serta kecepatan waktu di mana bank sentral akan mengurangi kepemilikannya lebih dari $8 triliun di Obligasi dan hutang hipotek.

Pasar keuangan mengharapkan kenaikan suku bunga pertama di bulan Maret, diikuti oleh tiga kenaikan seperempat poin lagi pada akhir tahun. Tetapi kekhawatiran telah dikemukakan tentang kemungkinan terjadinya kenaikan sebesar 50 basis poin.

Risiko geopolitik baru saja menambahkan lapisan support baru ke tempat yang aman. Sampai saat ini, pasar telah mengabaikan masuknya pasukan Rusia ke perbatasan Ukraina secara besar-besaran, tetapi ketegangan telah meningkat akhir-akhir ini. NATO mengatakan pihaknya menempatkan pasukannya dalam keadaan siaga dan memperkuat Eropa Timur dengan lebih banyak kapal dan jet tempur, yang dikecam Rusia sebagai peningkatan ketegangan.

Pasar memperkirakan premi risiko yang lebih besar untuk Euro di tengah meningkatnya kekhawatiran bahwa konfrontasi Rusia dengan Barat atas Ukraina dapat mendorong Moskow untuk memotong pasokan energi ke Eropa.

GBPUSD menolak moving average periode 200 yang menurun dan berakselerasi ke bawah menyentuh support di 1,3430 kemarin. Level ini berada di antara retracement Fibonacci 50% dan 61,8% dari tren naik terakhir. Moving average 13 dan 34 hari telah berbalik menunjukkan kerapuhan pasar.

Tembusnya Fibonacci retracement 61,8% akan berarti bahwa rebound yang terlihat pada Desember-Januari telah sepenuhnya ditinggalkan dan kemungkinan kembalinya support di 1,3175.

Wick rendah kemarin menunjukkan kembalinya pembeli dan memberikan harapan untuk akhir dari gelombang penurunan ini. Agar ini terjadi, harga harus melebihi titik tertinggi pada sesi kemarin.

(Sumber grafik: Tradingview 25.01.2022)

Peringatan: Materi ini dibuat sebagai informasi. Seluruh pandangan yang dijelaskan dalam dokumen ini adalah pandangan saya sendiri dan tidak mewakili opini dari pihak tertentu.