fbpx

Analisis Harian Kekhawatiran Ekonomi Mereda, Dolar AS...

Kekhawatiran Ekonomi Mereda, Dolar AS & Emas Turun

16-09-2021Penulis: Guru Liu

Analisis Fundamental:

Menurut situs ‘Paper Gold of China’, jumlah perdagangan pada bursa pertukaran emas terbesar di dunia, Exchange Traded Fund (ETF), terhitung tanggal 16 September adalah 998,46 ton, dengan kekurangan sebesar 1,75 ton dibandingkan hari sebelumnya, dan tercatat penurunan bersih sebesar 1,80 ton dalam bulan ini.

Setelah data inflasi AS yang dirilis lebih rendah dari perkiraan pada hari Selasa, sementara tidak ada berita utama lainnya untuk mendorong harga emas turun, terutama karena ketidakpastian kapan the Fed akan mulai mengurangi skala pembelian asetnya, ini yang akan menjadi faktor utama bagi emas. Indeks manufaktur Fed Kawasan New York AS bulan September yang dirilis pada hari Rabu berada di angka 34,3, meningkat tipis dibandingkan bulan Agustus, dan indeks harga impor (MoM) turun sebesar 0,3% pada Agustus, mencapai level terendah sejak bulan April tahun lalu.

Jika terdapat lebih banyak data ekonomi yang positif, Federal Reserve akan lebih optimis untuk mulai mengurangi skala pembelian asetnya. Dari data ekonomi, The Fed “mungkin tidak memiliki banyak tekanan dengan sikap radikal” pada pertemuan minggu depan. Oleh karena itu, The Fed kemungkinan akan mengurangi skala pembelian aset bulanan mulai tahun ini.

Oleh karena itu, emas ada kemungkinan akan bergerak sideways sebelum pertemuan Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC). Para investor emas sebagian besar tidak peduli dengan pelemahan dolar AS. Dengan adanya dampak teknis aksi jual, harga emas gagal mempertahankan kenaikan dari perdagangan hari sebelumnya, dan emas spot turun kembali ke $1.793,47 per ons pada hari Rabu.

Strategi Investasi Hari Ini:

Pada grafik harian emas, Bollinger Band harga emas menyempit, Stochastic membentuk Golden Cross. Pada grafik 4 jam, Bollinger Band harga emas menyempit, Stochastic membentuk Death Cross. Pada grafik 1 jam, Bollinger Band harga emas mengarah ke bawah, Stochastic membentuk Golden Cross. Terdapat konsolidasi koreksi untuk jangka pendek.

Strategi hari ini adalah beli di harga rendah, disarankan buy di: 1792.9, dengan stop loss: 1784.9 dan target: 1799.9 Level resistansi: 1810.9 dan level support: 1784.9

Pada grafik harian perak, Bollinger Band harga perak menyempit, Stochastic membentuk Golden Cross; Pada grafik 4 jam, Bollinger Band harga perak menyempit, Stochastic membentuk Death Cross; Pada grafik 1 jam, Bollinger Band harga perak mengarah ke atas, Stochastic membentuk Golden Cross. Terdapat konsolidasi koreksi untuk jangka pendek.

Strategi hari ini adalah beli di harga rendah, disarankan buy di 23.35-23.75, terapkan stop loss di 23.25, target di 23.85-24.25, level resistansi: 24.50, level support: 23.15.

Informasi Dan Acara Penting Hari Ini:                 

17:00 Neraca Perdagangan Zona Euro Bulan Juli telah disesuaikan musiman

20:00 Pidato Gubernur ECB Lagarde

20:30 Klaim Pengangguran Awal Mingguan AS Hingga Tanggal 11 September

20:30 Indeks Manufaktur Fed Philadelphia AS Bulan September

20:30 Penjualan Ritel (MoM) AS Bulan Agustus

20:30 Penjualan Grosir (MoM) Kanada Bulan Juli

22:00 Inventori Usaha (MoM) AS Bulan Juli

Catatan: Informasi rekomendasi operasi hari ini berlaku untuk waktu sistem GMT 02:00-11:00 (HKT10:00-19:00). Untuk rekomendasi operasi pasar malam, pelanggan dapat merujuk pada analisis pasar malam.