fbpx

Analisis Harian Pergerakan Tidak Jelas, Harga Emas...

Pergerakan Tidak Jelas, Harga Emas Sementara Tidak Tertarik Untuk Menembus!

23-07-2021Penulis: Guru Ling

Analisis Fundamental:

Kemarin, harga emas konsolidasi naik mulai mereda. Pada sesi awal, harga emas konsolidasi turun. Pada sesi tengah, setelah mendapatkan support di sekitar 1797, harga emas melanjutkan penyesuaian rebound. Pada sesi akhir, harga emas menguji turun hingga stabil di posisi 1792 lalu melanjutkan rebound kembali ke posisi di sekitar 1808. Pasar akhirnya ditutup pada 1806.4.

Dari sisi berita, keputusan suku bunga Bank Sentral Eropa bersikap longgar sesuai dengan ekspektasi pasar. Reaksi pasar masih relatif tenang dan retracement Euro juga tidak cukup jelas, sehingga setelah harga emas tertekan secara tipis diikuti dengan rebound dalam struktur segitiga. Ini mengacu pada para investor pasar saat ini masih relatif waspada dan memerlukan arahan dari keputudan suku bunga The Fed.

Analisis Teknikal:

Pada grafik harian, sejak harga emas retracement di sekitar 1916, jika penyesuaian dorongan tren struktur pada dasarnya telah ada atau mengacu pada pihak bullish hendak inisiatif kembali ke pasar, maka perlu segera mendorong harga emas naik ke atas posisi 1850, kalau tidak akan sangat sulit merealisasikan perpanjangan struktur di bagian atas grafik.

Namun, jika area ini hanya berupa permulaan dari tren turun yang baru, maka penyesuaian struktur bawah sekarang bergerak menjadi lebih lambat. Setelah mengonfirmasikan 50% Retracement Fibonacci di sekitar posisi 1834 (bagaimanapun konsolidasi posisi atas tidak berhasil dipertahankan, dan dalam dua hari terakhir ini memunculkan retracement relatif cepat), perpanjangan harga emas ke bawah dari struktur gelombang C juga telah memiliki dasar yang logis.

Pada grafik 4 jam, pertama-tama, tren struktur 5 gelombang kemarin masih efektif. Pasar masih blum mampu memastikan bahwa akhir posisi bawah sekitar 1750 merupakan akhir dari gelombang 5atau hanya merupakan titik rendah dari dorongan gelombang 3. Alasan pertama adalah karena grafik rebound pada saat ini tidak memunculkan penembusan resistansi. Alasan kedua adalah pihak bearish-bullish pasar saat ini konsolidasi dalam area struktur segitiga dan menunjukkan kian meningkatkan pertentangan. Sementara dengan adanya spekulasi pencari keuntungan, perubahan akan semakin banyak,

Menurut grafik saat ini, pertama-tama, sejak rebound di sekitar 1750 hingga mencapai titik tertinggi di sekitar 1834, posisi ini merupakan perubahan resistansi 50% Retracement Fibonacci pada kisaran 1916-1750. Namun, setelah harga emas coba mengonfirmasi tetap tidak terdapat cara menembus. Sementara, retracement harga emas semalam yang mencoba 50% Retracement Fibonacci di sekitar 1792 yang berada pada kisaran 1750-1834 ditarik ulur kembali setelah selesai mengonfirmasikannya.

Pihak bearish-bullish seakan terlihat waspada, namun sebenarnya setelah pergerakan struktur segitiga semakin jelas, pasti akan memicu taruhan pada spekulasi. Saat ini, harga emas kembali bergerak sideways di sekitar middle band struktur segitiga, dalam jangka waktu pendek masih akan sulit menembus. Pergerakan ini biasanya perlu “berjuang” terlebih dahulu baru dapat keluar dari kesulitan grafik. Oleh karena itu, para investor disarankan untuk tetap bersabar dan dapat menunggu hingga pergerakan menjadi lebih jelas baru menindaklanjuti!

Strategi Investasi Malam:

Berhati-hatilah ketika berinvestasi di malam hari dan ambil posisi Beli (Buy) di harga rendah. Ambil posisi Beli (Buy) di 1800.0-1806.0, terapkan stop loss di 1795.0, target di 1813.0-1822.0, level resistansi: 1825.0, level support: 1797.0.

Data Penting Malam Ini:

20:30  Penjualan Ritel Kanada Bulan Mei            

21:45  IMP Manufaktur Markit AS Bulan Juli

21:45  IMP Jasa Markit AS Bulan Juli

Catatan: Ulasan malam hari ini berlaku selama waktu sistem GMT 09:30-20:00 (HKT17:30-04:00)