fbpx

Analisis Harian Pernyataan Powell Mendukung Dolar AS...

Pernyataan Powell Mendukung Dolar AS Harga Emas Turun Tajam

24-06-2022Penulis: Guru Liu

Analisis Fundamental:

Menurut situs ‘Paper Gold of China’, jumlah perdagangan pada bursa pertukaran emas terbesar di dunia, Exchange Traded Fund (ETF), terhitung tanggal 24 Juni adalah 1.063,07 ton, dengan penurunan sebesar 8,70 ton dibandingkan hari sebelumnya, dan tercatat kenaikan bersih sebesar 5,29 ton pada bulan ini

Ketua Federal Reserve Jerome Powell mengatakan pada hari Kamis bahwa bank sentral memiliki komitmen “tanpa syarat” untuk mengekang inflasi lewat langkah-langkah utama dari Fed, tingkat inflasi pada saat ini tiga kali lipat lebih tinggi target 2%, akan tetapi juga akan menghadapi risiko meningkatnya pengangguran.

Pernyataan Powell mendukung momentum kenaikan indeks dolar, dan melemahkan daya tarik emas, sehingga membuat harga emas turun tajam dari level tertinggi, sementara dolar AS yang lebih kuat membuat emas menjadi mahal bagi pembeli dari luar negeri.

Imbal hasil obligasi AS turun mendekati posisi terendah dua minggu di tengah kekhawatiran perlambatan ekonomi terus meningkat karena Powell mengisyaratkan bahwa langkah Fed untuk memerangi inflasi yang dilakukan berpotensi meningkatkan pengangguran. Untuk data ekonomi, klaim pengangguran awal AS turun pada minggu lalu, dan data tersebut menandakan bahwa pasar tenaga kerja masih tetap ketat. Selain itu, sebuah survei menunjukkan aktivitas usaha AS melambat tajam pada bulan Juni.

Nilai awal Indeks Manajer Pembelian (PMI) Komposit Markit AS untuk Juni dengan nilai 51,2, mencapai level terendah sejak Januari dan juga merupakan level terendah kedua kali sejak puncak wabah pada pertengahan 2020, indikator tersebut juga menandakan bahwa ekonomi mungkin akan semakin memburuk.

Meskipun emas dipandang sebagai aset lindung nilai terhadap inflasi dan ketidakpastian ekonomi, tetapi kenaikan suku bunga cenderung mendorong imbal hasil obligasi lebih tinggi, sehingga meningkatkan biaya peluang memegang emas yang tidak memberikan imbal hasil.

Pada hari Kamis, harga emas memangkas kenaikan sebelumnya dan kemudian ditutup turun, sempat mencapai level tertinggi di angka $1.845,86 per ons dan level terendah di angka $1.822,37 per ons pada sesi perdagangan harian, kemudian emas spot ditutup pada $1.822,47 per ons.

Strategi Investasi Hari Ini:

Pada grafik harian emas, Bollinger Band harga emas mengarah ke bawah, Stochastic membentuk Death Cross. Pada grafik 4 jam, Bollinger Band harga emas melebar, Stochastic membentuk Death Cross, Pada grafik 1 jam, Bollinger Band harga emas melebar, Stochastic membentuk Death Cross. Terdapat konsolidasi koreksi untuk jangka pendek.

 Strategi hari ini adalah Jual diharga tinggi, disarankan Jual 1823.5-1829.5, terapkan 1834.5, target di 1813.5-1819.5, level resistansi:1834.5, level support: 1808.5.

Pada grafik harian perak, Bollinger Band harga perak mengarah ke bawah, Stochastic membentuk Death Cross; Pada grafik 4 jam, Bollinger Band harga perak melebar, Stochastic membentuk Death Cross; Pada grafik 1 jam, Bollinger Band harga perak mengarah ke bawah, Stochastic membentuk Golden Cross. Terdapat konsolidasi koreksi untuk jangka pendek.

Strategi hari ini adalah Jual diharga tinggi, disarankan Jual 21.10-21.50, terapkan 21.60, target di 20.60-21.00, level resistansi:21.70, level support: 20.26.

Informasi dan Acara Penting Hari Ini:

14:00 Penjualan Ritel (MoM) Inggris Bulan Mei Setelah Disesuaikan Secara Musiman

16:00 Indeks Iklim Usaha IFO Jerman Bulan Juni

18:15 Anggota FOMC Bullard Menghadiri Pembicaraan Ahli

19:30 Pidato Anggota FOMC Bullard Tentang Kebijakan Bank Sentral Dan Inflasi

22:00 Nilai Akhir Indeks Kepercayaan Konsumen Universitas Michigan AS Bulan Juni

22:00 Jumlah Penjualan Rumah Baru (YoY) AS Bulan Mei

04:00 Petemuan IMF Untuk Membahas Tinjauan Tahunan Ekonomi AS

Catatan: Informasi rekomendasi operasi hari ini berlaku untuk waktu sistem GMT 02:00-11:00 (WIB 09:00-18:00).   Untuk rekomendasi operasi pasar malam, pelanggan dapat merujuk pada analisis pasar malam.