fbpx

Berita Ekonomi Dolar Bertahan Stabil Pada Hari...

Dolar Bertahan Stabil Pada Hari Kamis Jelang Data Makro CPI AS

10-06-2021Penulis: Admin

Dolar bertahan stabil terhadap mata uang utama lainnya, menjelang rilis data makro ekonomi AS di mana tingkat inflasi CPI akan dirilis malam nanti.

Pasar juga menunggu hasil pertemuan moneter Bank Sentral Eropa (ECB) petang nanti. Di antara keduanya pertemuan moneter ECB diperkirakan akan lebih berdampak pada pergerakan mata uang karena lonjakan inflasi di AS sudah sejak awal diperkirakan terjadi oleh Federal Reserve namun hanya bersifat transisi atau hanya sementara.

Dengan data Non Farm Payroll dan Retail Sales lalu yang mengecewakan maka pernyataan Fed tersebut di atas menjadi valid dan tetap tidak akan mengubah kebijakan moneter Fed saat ini meskipun angka inflasi CPI nanti malam melonjak tajam. Seperti pada periode sebelumnya yang melonjak hingga level tertinggi dalam 12 bulan terakhir. Apalagi kali ini perkiraan angka CPI justru menurun dari 0.8% menjadi hanya separuhnya 0.4%.

Begitu pula dengan data Core juga diperkirakan turun dari 0.9% menjadi 0.5%. Sementara itu inflasi di China juga terjadi lonjakan baik PPI yang mencapai kenaikkan tertinggi dalam beberapa tahun terakhir dan CPI yang mencapai kenaikan terbanyak dalam 8 bulan terakhir.

Federal Reserve sendiri dijadwalkan akan mengadakan pertemuan moneter FOMC pada pekan depan dengan tidak diharapkan akan perubahan kebijakan moneter. Investor juga diperkirakan akan mencermati negosiasi di Washington perihal potensi anggaran infrastruktur yang akan berdampak pada laju pemulihan ekonomi di AS dalam beberapa kurun waktu ke depan.