fbpx

Berita Ekonomi Dolar Memperpanjang Rally Pelemahan Terhadap...

Dolar Memperpanjang Rally Pelemahan Terhadap Mata Uang Lain Hari Jumat

23-07-2021Penulis: Admin

Dolar AS memperpanjang rally pelemahan terhadap mata uang utama lainnya pada hari Jumat ditengah merebaknya varian delta covid-19 dan aksi profit taking setelah data sektor tenaga kerja kembali memburuk.

Kasus baru pasien covid-19 di AS meningkat 53% dengan 83% diantaranya disebabkan oleh varaqin delta. Varian ini telah membuat beberapa wilayah kembali memberlakukan pembatasan. Dikhawatirkan hal yang sama akan kembali diberlakukan di sejumlah wilayah di AS yang akan mempengaruhi laju pemulihan ekonomi.

Meski program vaksinasi masih terus dijalankan dengan mencapai 60% populasi dengan vaksin pertama dan 50% populasi sudah 2x vaksin masih belum menjamin penyebaran varian terbaru ini. Jika pemulihan ekonomi terhambat maka dipastikan perubahan kebijakan moneter yang diharapkan pasar juga semakin sulit diwujudkan.

Sementara itu data klaim pengangguran meningkat mencapai angka tertinggi sejak bulan Mei lalu yaitu sebanyak 419K jauh di atas perkiraan yang hanya 350K dan data periode sebelumnya juga di revisi dari 360K menjadi sedikit lebih buruk 368K. Jika tren ini berlanjut maka Fed diperkirakan juga akan menunda perubahan kebijakan moneternya.

Data Leading indeks yang merupakan gabungan 10 indikator ekonomi juga menurun 0.7% lebih jelek dari perkiraan 0.8%. Data periode sebelumnya juga di revisi menurun menjadi 1.2%.