fbpx

Berita Ekonomi Bergantung pada Penantian Data Inflasi...

Bergantung pada Penantian Data Inflasi AS, Harga Emas Stabil di Rabu Pagi

13-10-2021Penulis: Admin

Rabu (13/10), harga emas stabil karena investor masih menantikan data inflasi AS dan risalah dari pertemuan kebijakan terakhir the Fed untuk petunjuk mengenai waktu bank sentral akan mulai menarik stimulus pandemi.

Emas berjangka AS naik tipis 0,1 persen menjadi diperdagangkan di 1.761,20 dolar AS per ounce. Sementara itu, emas di pasar spot berada di harga yang stabil, sekitar 1.760,46 dolar AS per ounce.

Kemarin, pembuat kebijakan ekonomi mengungkapkan, telah cukup pulih bagi bank sentral untuk mulai menarik dukungan era krisisnya, memperkuat ekspektasi The Fed akan mulai mengurangi pembelian obligasi bulanan secepatnya di bulan depan.

Pengurangan stimulus bank sentral dan kenaikan suku bunga cenderung mendorong imbal hasil obligasi pemerintah naik. Ini memperbedar peluang kerugian yang lebih tinggi bagi pemegang emas tanpa bunga.

Ketika tekanan inflasi meningkat di seluruh dunia, pasar-pasar uang maju cepat dengan penetapan perkiraan kenaikan suku bunga yang agresif. Pada kebanyakan kasus, kebijakan akan diperketat jauh lebih cepat dan pada laju yang jauh lebih cepat daripada yang ditunjukkan oleh penentu suku bunga

Dana Moneter Internasional (IMF) mengatakan bahwa gangguan rantai pasokan yang terus-menerus dan tekanan inflasi menghambat pemulihan ekonomi global dari pandemi yang sedang terjadi.

Jumlah orang Amerika yang secara sukarela berhenti dari pekerjaan mereka melonjak ke rekor tertinggi pada Agustus dan ada lebih dari 10 juta lowongan, menunjuk pengetatan pasar tenaga kerja.

Logam mulia lainnya, platinum turun 0,1 persen menjadi 1.006,05 dolar AS per ounce, sedangkan perak di pasar spot naik 0,1 persen menjadi 22,54 dolar AS per ounce.

Sementara itu, EUR/USD mengalami peningkatan tipis hingga ke harga 1.15508. Peningkatan tipis terjadi pula pada USD/JPY sampai ke harga 113.403. GBP/USD pun menguat hingga 1.36090, sedangkan AUD/USD menurun sampai ke 0.73445.